05 October 2021, 22:29 WIB

Tulang Ayam-pun Dijadikan Alat Untuk Selundupkan Sabu


Kristiadi | Nusantara

DOK MI
 DOK MI
Ilustrasi 

BERBAGAI cara dilakukan untuk bisa menyelundupkan narkotika ke dalam penjara. Namun, yang dilakukan seorang pengunjung Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II B Garut, Jawa Barat untuk menyelundupkan sabu ke dalam penjara terbilang unik. Adalah tulang ayam yang dijadikan alat untuk bisa memasukkan barang haram tersebut ke dalam penjara.

Namun berkat kejelian petugas, upaya penyelundupan ini bisa digagalkan. Kepala Lapas kelas II B Garut, RM Kristyo Nugroho mengatakan, kasus ini berawal dari adanyan titipan sayur tahu dan ayam dari pengunjung Lapas kepada seorang warga binaan. Namun, jelasnya, petugas menemukan keanehan karena banyak terdapat tulang ayam dalam sayur tersebut.

"Karena curiga, petugas kemudian melakukan pemeriksaan lebih teliti dengan memeriksa satu persatu tulang-tulang ayam dengan cara membelahnya. Di dalam salah satu tulang ayam, petugas menemukan satu bungkus paket kristal putih diduga sabu," katanya, Selasa (5/10).

Atas temuan ini petugas Lapas, jelas Kristyo, berkoordinasi dengan pihak kepolisian. Dalam kasus ini, dua warga binaan Lapas Kelas II B Garut berinisial FT dan BM sedang menjalani pemeriksaan oleh Satuan Reserse Narkoba Polres Garut.

"Adanya temuan tersebut membuat kami menginstruksikan kepada seluruh patugas Lapas agar lebih memperketat pemeriksaan termasuk harus melakukan penggeledahan terhadap barang titipan dari pengunjung," ujarnya. (OL-15)

 

BERITA TERKAIT