03 October 2021, 17:50 WIB

Kasal Pimpin Ziarah dan Tabur Bunga di TMP Kalibakung Tegal


Supardji Rasban | Nusantara

MI/Supardji Rasban
 MI/Supardji Rasban
KasalĀ Laksamana TNI Yudo Margono, tabur bunga diĀ Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibakung, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal.

MEMPERINGATI ke-76 Tentara Nasional Indonesia (TNI), Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono berziarah sekaligus tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibakung, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal, Minggu (3/10/2021).
     
Hadir dalam acara ziarah dan tabur bunga yakni Bupati Tegal Umi Azizah, Sekda Kabupaten Tegal Widodo Joko Mulyono, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Tegal Letkol Mar Ridwan Azis, dan anggota Lanal lainnya. Anggota Dewan Pembantu Presiden (Wantimpres) Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya, juga turut mendapingi Kasal.
     
Yudo Margono mengungkapkan yang dimakamkan di TMP Kalibakung selain pejuang TNI AL juga ulama yang pada saat penjajahan tahun 1945 ikut berjuang membela negara. "Di Makam Pahlawan Kalibakung ini, ada 14 pahlawan yang tidak diketahui namanya," ujar Yudo Margono.

Kasal menuturkan Kabupaten Tegal menjadi daerah yang sangat penting dan memiliki sejarah tersendiri terutama bagi TNI AL, bahkan bisa disebut sebagai cikal bakal TNI AL. Ia memberi contoh dulu ada sekolah Angkatan Laut dan cerita sejarah lainnya yang terjadi di Tegal. "Saya harap TMP Kalibakung ini bisa memberikan pengetahuan terutama bagi generasi penerus bangsa mengenai perjuangan pahlawan," harapnya.
     
Kasal menerangkan TMP Kalibakung bisa lebih meningkatkan minat masyarakat mengetahui sejarah para pahlawan TNI AL.  "Saya minta nantinya dari Lanal Tegal akan berkoordinasi dengan Pemkab Tegal sebagai pemangku kewenangan wilayah untuk mewujudkan TMP Kalibakung sebagai wisata religi," terangnya.
     
Menurut Yudo Margono selain bisa untuk wisata religi, pihak ahli waris, jika ingin doa bersama, juga bisa difasilitasi. ''Intinya kami akan bekerja sama dan berkoordinasi dengan Pemkab Tegal untuk mewujudkan wisata religi ini," ucapnya.
     
Habib Muhammad Luthfi menuturkan keberadaan TMP Kalibakung bisa menjadi sumber informasi mengenai siapa saja para pahlawan yang sudah gugur dan bagaimana kisah perjuangan mereka melawan penjajah. "Saya yakin, jika generasi muda penerus bangsa mengenali para pahlawan, maka akan tumbuh rasa patriotisme, harga diri bangsa, jati diri bangsa, dan menjaga kehormatan bangsa sehingga akan lebih memperkokoh kesatuan bangsa," ujar Habib Luthfi. (JI/OL-10)

BERITA TERKAIT