03 October 2021, 16:00 WIB

Atasi Banjir, Pemkot Palembang Maksimalkan Restorasi Sungai


Dwi Apriani | Nusantara

MI/Dwi Apriani
 MI/Dwi Apriani
Wali Kota Palembang Harnojoyo.

PEMERINTAH Kota Palembang menilai restorasi Sungai Bendung di Sekip, Kecamatan Kemuning, dapat menjadi cara jitu menangani masalah banjir di wilayahnya. Hal itu lantaran dengan adanya restorasi ini dapat mengatasi 17 titik banjir yang terjadi di wilayah perkotaan.

"Kami telah menyiapkan beberapa infrastruktur dalam penanganan banjir, seperti contoh Sungai Bendung," ujar Wali Kota Palembang Harnojoyo, Minggu (3/10).

Pembangunan infrastruktur penanganan banjir di Palembang lewat restorasi Sungai Bendung, sudah menghabiskan dana mencapai Rp200 miliar. Menurutnya, nilai itu sudah sesuai dengan kelengkapan pompanisasi.

"Yang mampu menyedot air 36 ribu mililiter per detiknya, dan mampu mengatasi persoalan banjir di 17 titik," kata dia.

Harnojoyo menyebutkan, banjir yang terjadi di Palembang disebabkan musim hujan dengan intensitas yang tinggi. "Banjir juga akibat perilaku masyarakat yang tidak menjaga lingkungan, seperti membuang sampah sembarangan," jelasnya.

Ia berharap, masyarakat bisa ikut serta menjaga lingkungan demi program restorasi sungai, sehingga dapat terhindar dari persoalan banjir. "Diharapkan sunAtasi Banjir, Pemkot Palembang Maksimalkan Restorasi Sungaigai di Palembang bisa menjadi destinasi wisata nantinya. Tapi tentunya bertahap," tandas dia. (DW/OL-10)

BERITA TERKAIT