03 October 2021, 04:23 WIB

Sebuah Mobil Terbakar di Tasikmalaya, Supir Berhasil Selamatkan Diri


Kristiadi | Nusantara

MI/Kristiadi
 MI/Kristiadi
Mobil dengan nomor polisi Z 1710 KO habis terbakar di Jalan Sutisna Senjaya, Tasikmalaya.

SEBUAH mobil dengan nomor polisi Z 1710 KO, yang dikemudikan Dean Ihwar Nurjali, 26, warga Cibangun, Cialir, Kecamatan Cibeureum, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu (2/10) pukul 19.40 WIB, hangus terbakar di ruas Jalan Sutisna Senjaya, Kecamatan Tawang. 

Kejadian tersebut tidak menimbulkan korban jiwa tapi menyebabkan arus kendaraan mengalami kemacetan.

Petugas Satpam Bank Bukopin Tasikmalaya Soni Farid mengatakan dirinya kedatangan seorang supir yang meminta bantuan untuk memadamkan percikan api dari bawah mobil. Tapi, setelah berupaya memadamkan kobaran api menggunakan alat pemadam api ringan (APAR), api malah semakin membesar. Berbagai upaya yang dilakukan warga setempat juga tidak berhasil memadamkan api.

Baca juga: Operasi Yustisi terus Digelar di Palangka Raya

"Pengemudi hanya seorang diri dan memang awal mulanya terlihat dari bawah kendaraan asap putih hingga diikuti percikan api sampai membesar. Kami, berupaya membawa APAR yang tersimpan di Pos Satpam tetapi kobaran semakin membesar sampai arus kendaraan dari arah Barat menuju Timur tidak bisa dilalui dan mereka terpaksa harus memutar balik," katanya, Sabtu (2/10).

Sementara itu, pengemudi Dean Ihwar Nurjali mengatakan kendaraan yang digunakannya itu adalah milik saudara dan dia bermaksud menuju Jalan HZ Mustofa. Tetapi, di lokasi kejadian itu, terdengar suara ledakan di bawah kendaraan dan kendaraanlangsung terhenti secara mendadak. 

Dirinya kemudian sempat melihat kepulan asap di bawah yang disertainya kobaran api  yang secara bertahap membakar kendaraannya.

"Saya telah berupaya menyelamatkan diri dari dalam kendaraan dan menuju Bank Bukopin meminta bantuan petugas Satpam supaya api bisa dipadamkan. Namun, meski alat pemadam api ringan sudah disemprotkan, hal itu tidak bisa karena kobaran api semakin membesar dan telah membakar seluruhnya sampai aparat itu langsung menghubungi petugas pemadam kebakaran untuk memadamkan api," katanya.

Sementara itu, Kapolsek Tawang IPDA Wawan Setiawan mengatakan kebakaran yang terjadi di Jalan Sutisna Senjaya tersebut disebabkan dari arus pendek setelah radiator kendaran itu meledak dan menimbulkan percikan api. 

Dalam kejadian tersebut, seorang supir berhasil menyelamatkan diri setelah kobaran api membesar dan yang bersangkutan meminta agar petugas Satpam memadamkannya.

"Proses evakuasi bangkai kendaran yang telah terbakar membutuhkan waktu 3 jam, karena di bagian depan mobil terbakar itu memang sulit untuk dinaikan ke dalam mobil derek. Namun, proses tersebut berhasil diangkat pukul 22.40 WIB dan pemilik kendaraan menelan kerugian mencapai Rp60 juta dan berbagai upaya telah dilakukan hingga sekarang kondisi arus lalu lintas kembali normal," paparnya. (OL-1)

BERITA TERKAIT