29 September 2021, 12:42 WIB

Jadi Destinasi Wisata Dunia, Layanan TIK di Lombok tak Boleh Lemot


Yusuf Riaman | Nusantara

ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi
 ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi
Gambaran Sirkuit Mandalika, NTB

WAKIL Ketua Komisi I DPR RI Bambang Kristiono meminta layanan teknologi, informasi dan komunikasi (TIK) di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, tidak boleh lelet.

"Sebagai bagian dari fungsi pengawasan, saya datang untuk memastikan layanan Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (TIK) di Dapil yang saya wakili dapat tersedia sebagaimana yang kita harapkan," kata Bambang Kristiono, Selasa (28/9).

Bambang memimpin kunjungan kerja sepesifik Komisi I DPR RI ke Pulau Lombok untuk memastikan layanan Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (TIK) di Pulau Seribu Masjid ini benar-benar mumpuni menyusul posisi Pulau Lombok sebagai tuan rumah ajang balap motor paling akbar di dunia World Super Bike (WSBK) dan MotoGP.

Pulau Lombok akan menjadi tuan rumah WSBK pekan ketiga November 2021. Ajang balap internasional ini akan digelar di Sirkuit Mandalika. Sementara ajang MotoGP akan dihelat di sirkuit yang sama pada Maret 2022 yang didahului dengan latihan resmi oleh seluruh pembalap pada Februari.

Bambang menambahkan, sebagai anggota DPR RI yang berasal dari Pulau Lombok, dirinya ingin membantu Pemerintah Daerah (Pemda) serta seluruh pemangku kepentingan terkait agar kedua event balap yang bertaraf internasional tersebut dapat sama-sama sukses.

"Sebagai warga Pulau Lombok, kita semua harus ikut terlibat dalam menyukseskan kedua event tersebut," tutur politikus Partai Gerindra ini.

Baca juga: Polda NTB Sita Satu Ons Sabu dari Dua Remaja Lombok Timur

Bambang sangat yakin, baik WSBK maupun MotoGP akan menjadi etalase yang sangat cantik dan menarik bagi Pulau Lombok untuk terus bertransformasi menjadi salah satu destinasi wisata terbaik di dunia.

"Keberhasilan penyelenggaraan kedua event ini juga secara otomatis akan menaikkan performa Pulau Lombok sebagai salah satu destinasi wisata dunia," imbuhnya.

Komisi I DPR RI sendiri bermitra dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI, leading sector yang bertanggung jawab menyiapkan layanan TIK di seluruh Indonesia, termasuk untuk Pulau Lombok.

Karena itu, lanjut Bambang, kunjungan kerja spesifik ini merupakan bagian dari upaya Komisi I DPR RI untuk terus mengawasi dan sekaligus memberikan dorongan maksimal agar segala upaya yang dilakukan Kemkominfo di Pulau Lombok dapat berjalan efektif, tepat waktu, dan sesuai dengan yang diharapkan.

Dalam kunjungan kerja ini, tim Kemenkominfo pun menyampaikan penjelasan yang sangat rinci terhadap kesiapan layanan TIK di Pulau Lombok. Atas penjelasan tersebut, HBK pun menyampaikan ucapan terima kasih.

Bambang menegaskan, layanan TIK yang tangguh di Pulau Lombok akan menjadi penentu kebangkitan sektor pariwisata Pulau Lombok.

Sementara itu, Direktur Layanan Masyarakat dan Pemerintah Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kemenkominfo Danny Januar Ismawan menjelaskan, khusus untuk Kawasan KEK Mandalika dan sekitarnya, saat ini sudah tidak ada lagi wilayah blank spot. Seluruh kawasan telah dapat dijangkau layanan TIK.

Namun begitu, diakui pihaknya, masih ada sedikitnya 16 titik yang kondisinya masih lemah sinyal. Namun begitu, lokasi tersebut bukan berada di area kawasan utama event WSBK dan MotoGP akan digelar. Danny memastikan pihaknya memiliki waktu lebih dari cukup untuk mengatasi hal tersebut sebelum dua event internasional ini dimulai.

Pada kesempatan yang sama, Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani mengusulkan dibentuknya Kompi atau Detasemen Kavaleri Panser, yang memiliki kandaraan taktis untuk melayani pengamanan VIP. Sebab, event di KEK Mandalika akan terus berlangsung sepanjang tahun. Jika hal tersebut belum memungkinkan dalam waktu dekat, Danrem pun mengusulkan alternatif yakni menjadikan Yonif 742, yang berada di Mataram menjadi Batalyon Mekanis.

Mengunjungi Yonif 742/SWY

SELESAI memimpin kunjungan kerja Spesifik Komisi 1 DPR RI, Bambang didampingi Danrem 162/WB meninjau lapangan dan fasilitas olahraga yang ada di Batalyon Infantri 742.

Rencananya, Bambang akan menitipkan squad utama Lombok Football Club (LFC) yang akan bertarung di Liga 3 NTB untuk dilatih kekuatan team work dan disiplin yang tinggi.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada saudara Danrem atas dukungannya kepada LFC," tuturnya.(OL-5).

BERITA TERKAIT