26 September 2021, 15:15 WIB

Gugur Saat Baku Tembak KKB, Pangkat Bharada Kurniadi Dinaikkan


Hilda Julaika | Nusantara

Antara
 Antara
Prajurit TNI bersiap menaiki helikopter menuju Nduga di Wamena, Papua.

ANGGOTA Brimob Bharada Muhammad Kurniadi tewas dalam kontak senjata dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua. Dia pun mendapat kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi.

Saat ini, personel yang tengah bertugas dalam Satgas Nemangkawi di Bumi Cenderawasih berpangkat Bhayangkara Satu (Bharatu). "Iya, dinaikkan pangkat menjadi Bharatu," ungkap Kepala Operasi Nemangkawi Brigjen Ramdani Hidayat saat dikonfirmasi, Minggu (26/9).

Baca juga: Seorang Polisi Gugur Ditembak KKB Papua

Anggota Brimob tersebut meninggal dunia saat bertugas menjaga Polsek Kiwirok pada Minggu (26/9) dini hari. Sekitar pukul 04.50 WIT, kantor Polsek Kiwirok mendapat serangan tembakan yang diduga dari KKB.

Atas serangan tersebut, tim gabungan TNI-Polri pun memberikan tembakan balasan. Pihaknya menduga bahwa tembakan itu dilakukan oleh KKB pimpinan Lamek Alipki Taplo.

Dalam serangkaian kontak senjata, Kurniadi terkena tembakan di bagian ketiak sebelah kanan dan meninggal dunia. Dia langsung dievakuasi menggunakan helikopter dari Kiwirok ke Oksibil, pascakontak senjata.

Baca juga: Tiba di Oksibil, Pengungsi Kiwirok Diberikan Trauma Healing

"Sore nanti kami terbangkan menuju Medan, karena rumah duka di Aceh Tamiang," imbuh Ramdani.

Eskalasi kontak tembak di wilayah Kiwirok sempat memuncak dalam beberapa hari terakhir. Tenaga medis juga diserang KKB pada Senin (13/9) lalu. Sebanyak dua tenaga kesehatan dikabarkan hilang. Setelah dilakukan pencarian, aparat menemukan dua tenaga kesehatan berada di jurang.(OL-11)

 

 

BERITA TERKAIT