22 September 2021, 06:50 WIB

Ganjar: Sebelum PTM di Jateng Siswa dan Guru Harus Testing Covid-19


Akhmad Safuan | Nusantara

MI/Haryanto
 MI/Haryanto
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

KASUS covid-19 kembali terjadi di sekolah di beberapa daerah di Jawa Tengah. Lantaran itu, Gubernur Ganjar Pranowo meminta sebelum dilakukan pembelajaran tatap muka (PTM) sekolah harus lakukan testing.

"Saya sudah hubungi beberapa kepala daerah untuk lakukan testing sebelum PTM untuk mengantisipasi munculnya klaster di sekolah," kata Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Rabu (22/9).

Testing secara rendom tersebut, lanjut Ganjar, cukup penting dan terbukti masuknya laporan dari beberapa daerah adanya siswa dan guru yang terkonfirmasi covid-19, sehingga dapat dilakukan penanganan cepat sebelum meluas.

Pada siswa dan guru terkonfirmasi covid-19, demkian Ganjar Pranowo, langsung diambil langkah isolasi dan pengobatan hingga sembuh sebelum kembali ikuti PTM. "Untuk sementara saya perintahkan sekolah itu ditutup dulu," tambahnya.

Selain itu, ungkap Ganjar Pranowo, pihak sekolah yang belum siap melakukan PTM harus jujur. Jika memang belum siap maka Pemrov Jateng akan memberikan pendampingan hingga sekolah benar-benar telah siap. Sementara itu berdasarkan data dihimpun Media Indonesia seratusan siswa dan guru di beberapa daerah yakni Purbalingga, Jepara, Blora dan Semarang dilaporkan terkonfirmasi covid-19 dan hingga saat ini masih menjalani isolasi dan pengobatan.

Di Kabupaten Blora setidaknya dikerahui ada 40 siswa dan guru terkonfirmasi covid-19, demikian juga di Jepara 25 orang, Purbalingga 90 orang dan Semarang tujuh orang, namun diantaraya sudah ada yang selesai jalani isolasi.

Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah Yulianto Prabowo memastikan bahwa siswa dan guru terpapar covid-19 di Blora bukan merupakan klaster, karena mereka diketahui terkonfirmasi berdasarkan hasil testing sebelum pelaksanaan PTM.

Setelah dilakukan testing dan diketahui terkonfirmasi covid-19, ujar Yulianto Prabowo, kemudian dilakukan tindakan yakni isolasi serta pengobatan serta ditunda pelaksanaan PTM di sekolah tersebut. (OL-13)

Baca Juga: MA Batalkan Vonis Bebas Terdakwa Pemerkosa Anak di Aceh

BERITA TERKAIT