17 September 2021, 19:42 WIB

Polri Jamin Keamanan Nakes yang Bertugas di Papua


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Nusantara

Antara
 Antara
Ilustrasi personel kepolisian menggelar apel pengamanan di wilayah Papua.

POLRI menyatakan kesiapan untuk menjamin keamanan tenaga kesehatan selama bertugas di wilayah Papua. Hal ini menyusul serangan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) terhadap tenaga kesehatan di Distrik Kiwirok.

Diketahui, seorang tenaga kesehatan di Distrik Kiwirok, Pegunungan Bintang, Papua, bernama Gabriela Meilan (22), harus gugur akibat ulah keji pasukan KKB.

"Tentunya itu sudah menjadi hal yang diperhatikan Mabes Polri. Bagaimana eskalasi aktivitas dari KKB ini sendiri," ujar Karo Penmas Polri Brigjen Rusdi Hartono, Jumat (17/9).

Baca juga: Nakes Diserang KKB, IDI Minta Jaminan Keamanan

"Itu menjadi perhatian Polri dan TNI. Sekarang sedang diupayakan mengembalikan lagi kondisi Papua untuk kondusif," imbuhnya.

Lebih lanjut, Rusdi menegaskan bahwa tenaga kesehatan dapat bertugas kembali di wilayah Papua. Sebab, pihak kepolisian sudah meningkatkan pengamanan.

Akan tetapi, pihaknya belum bisa menjelaskan lebih detail terkait kondisi tenaga kesehatan yang menjadi korban penyerangan KKB. "Nanti kita update lagi masalah itu," pungkasnya.

Baca juga: Nakes Gugur, Layanan Kesehatan di Pegunungan Bintang Lumpuh

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Papua Kombes AM Kamal mengungkapkan bahwa masyarakat di Distrik Kiwirok menemukan dua orang tenaga kesehatan, yang sempat hilang pascapenyerangan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pada Senin (13/9) lalu.

Kontak senjata pun terjadi antara personel TNI Satgas Pamtas 403/WP dan KKB di Distrik Kiwirok. Akibat kejadian itu, seorang anggota TNI mengalami luka tembak di bagian tangan dan sejumlah fasilitas umum dibakar.(OL-11)
 

 

 

BERITA TERKAIT