17 September 2021, 07:45 WIB

Kasus Positif Covid-19 di Klaten Bertambah 16 Orang, 24 Sembuh


Djoko Sardjono | Nusantara

MI/Djoko Sardjono
 MI/Djoko Sardjono
Dua warga mengenakan masker beraktivitas di Alun-Alun Klaten.

KOORDINATOR Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19 Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Cahyono Widodo, Kamis (16/9), melaporkan ada penambahan 16 kasus terkonfirmasi positif covid-19, 24 sembuh, dan 3 meninggal dunia.

Sementara itu, jumlah kasus covid-19 di Klaten akumulatif kini mencapai 34.553 orang. Dari jumlah itu, sebanyak 31.556 orang sembuh, 2.889 orang meninggal dunia, dan 108 dalamperawatan/ isolasi dengan pengawasan tim medis.

Menurut Cahyono, dari penambahan 16 kasus terkonfirmasi positif, 6 orang di antaranya kontak erat kasus positif sebelumnya, 1 tertular di luar daerah, dan 9 orang lainnya terpapar covid-19 saat melakukan aktivitas di Klaten.

Baca juga: Presiden Instruksikan Sumut Habiskan Stok Vaksin

Kemudian, lanjutnya, penambahan 24 pasien covid-19 yang dinyatakan sembuh, sebelumnya mereka menjalani perawatan intensif di rumah sakit/isolasi di bawah penanganan dan pengawasan ketat tim medis dari Dinas Kesehatan Klaten.

"Sekalipun 24 pasien itu sudah dinyatakan sembuh, mereka tetap diharuskan isolasi di rumah minimal selama tujuh hari. Dengan begitu, pasien yang baru sembuh dari perawatan itu diharapkan bisa benar-benar  sehat," ujar Cahyono.

Adapun kasus kematian yang dilaporkan sebanyak 3 orang kali ini, 2 di antaranya terkonfirmasi positif terpapar covid-19. Sedangkan kasus 1 orang meninggal dunia lainnya, yakni pasien positif yang tengah menjalani perawatan/isolasi.

Seiring dengan penurunan PPKM Klaten dari level 4 menjadi level 3, kasus covid-19 di daerah kabupaten ini menunjukkan tren penurunan.  Meski demikian, warga masyarakat diminta untuk tetap waspada dan disiplin protokol kesehatan. (OL-1)

BERITA TERKAIT