16 September 2021, 21:09 WIB

Dukung Pelaksanaan PTM, BIN Jateng Fokus Vaksinasi Para Pelajar


Lilik Darmawan | Nusantara

MI/Lilik Darmawan
 MI/Lilik Darmawan
BIN Jateng fokus melakukan vaksinasi Covid-19 untuk pelajar.  

BADAN Intelijen Negara (BIN) Daerah Jawa Tengah (Jateng) memfokuskan  vaksinasi kepada pelajar di Banyumas. Kamis (16/9), BIN Jateng  melakukan vaksinasi pelajar yaitu di SMA Negeri 2 Purwokerto dan Pondok Pesantren Darussalam Dukuhwaluh, Kembaran.

Sedangkan vaksinasi untuk masyarakat dilaksanakan door to door di Kelurahan Purwokerto Wetan, Kecamatan Purwokerto Timur dan Kelurahan
Berkoh, Kecamatan Purwokerto Selatan.

Kepala BIN Daerah Jateng Brigjen TNI Sondi Siswanto mengatakan di  Banyumas, BIN masuk untuk melakukan vaksinasi khususnya kepada para
pelajar. "Pelajar sekolah maupun pondok pesantren (ponpes) belum banyak disentuh oleh pemerintah daerah. Sebab, pemerintah daerah fokus kepada masyarakat umum khususnya lanjut usia. BIN Daerah Jateng kemudian fokus kepada pelajar SMP dan SMA serta para santri di ponpes," jelasnya saat memantau vaksinasi massal di SMA Negeri 2 Purwokerto.

Ia mengatakan bahwa BIN Jateng akan identik dengan vaksinasi para pelajar. Di Banyumas, ada 9 ribu vaksin yang disiapkan BIN Jateng. Dari jumlah tersebut, 6 ribu di antaranya jatah untuk pelajar dan santri.

"Ada empat lokasi yang menjadi tempat vaksinasi BIN Daetah Jateng. Khusus untuk pelajar dipusatkan di SMA Negeri 2 Purwokerto untuk 12 SMA dan SMK di Purwokerto. Jumlahnya ada 3 ribu dosis. Kemudian untuk para santri dipusatkan di Ponpes Darussalam di Dukuhwaluh, Kecamatan Kemranjen sebanyak 3 ribu dosis," jelasnya.

Sedangkan untuk masyarakat umum dilaksanakan door to door di Kelurahan Purwokerto Wetan, Kecamatan Purwokerto Timur dan Kelurahan Berkoh, Kecamatan Purwokerto Selatan. Di kedua kelurahan, masing-masing disediakan 1.500 dosis vaksin.

"Vaksinasi untuk para pelajar dilakukan guna mendukung pembelajaran tatap muka (PTM) yang kini dilaksanakan di daerah-daerah. BIN Daerah Jateng mempunyai jatah 400 ribu dosis dan bakal disebar di 35 kabupaten dan kota di Jateng," ujarnya.

Kepala Dinkes Banyumas Sadiyanto menambahkan dalam setengah bulan terakhir, para pelajar juga menjadi sasaran vaksinasi Pemkab Banyumas.
"Kami sudah masuk ke sekolah-sekolah, namun persentasenya masih sedikit. Kami berterima kasih kepada BIN yang fokus vaksinasi bagi para pelajar khususnya di Banyumas," katanya. (OL-15)

BERITA TERKAIT