11 September 2021, 16:25 WIB

Kesaksian Kepala Desa tentang Terduga Teroris T alias AR yang Ditangkap


Jamaah | Nusantara

Medcom/Mohammad Rizal.
 Medcom/Mohammad Rizal.
Ilustrasi.

TERDUGA teroris berinisial T alias AR ditangkap oleh Detasemen Khusus (Densus) 88 di Bekasi, Jawa Barat, Jumat (10/9). Kepala Desa Prambatan Kidul, Kudus, Jawa Tengah, Sutopo membenarkan bahwa T alias AR merupakan warganya. 

Namun yang bersangkutan dinilai kurang bersosialisasi. Pihaknya tak mengetahui informasi sebenarnya terkait salah satu warganya yang kini diamankan Densus 88 atas dugaan terlibat sebagai teroris.

"AR alias T itu memang warga saya. Rumahnya sebelah utara lampu merah kanan jalan, RT 7 RW 2. Namun barang kali ada rumah lain enggak tahu," ucapnya, Kudus, Sabtu (11/9).

Lebih lanjut, Kepala Desa Pasuruhan Kidul menjelaskan, warganya tersebut sebelumnya juga terlibat kasus yang sama diamankan polisi pada 2004. "Pernah dengar ditangkap karena kasus itu (terlibat kasus teroris)", ucapnya.

Salah satu tetangganya yang berisinial P mengaku tak mengerti bahwa AR terlibat kasus yang sama dan kini diamankan Densus 88. Menurutnya, yang bersangkutan memang sering menghadiri dan diundang dalam acara pengajian.

"Iya memang tetangga saya, tetap enggak begitu dekat. Dia agak tertutup. Tapi orang sini tahu jika yang bersangkutan sering pergi keluar daerah di acara pengajian," jelas dia.

Meski teman semasa kecil, pihaknya kurang begitu jelas dengan keluarganya. Mungkin yang ia ketahui hanya terkadang ada pengajaran Al-Qur'an. "Namun kayaknya hanya kelompok pengajian mereka," ungkapnya. (OL-14).

BERITA TERKAIT