10 September 2021, 08:40 WIB

Seluruh Penumpang KM Simba 1 Berhasil Dievakuasi Tim SAR


Hijrah Ibrahim | Nusantara

dok. Tim SAR
 dok. Tim SAR
Penumpang yang tersisa sebanyak 115 orang di KM Simba 1 yang patah kemudi berhasil dievakuasi Tim Sar, Kamis malam (9/9)

SETELAH mengapung selama dua hari di atas kapal, 115 penumpang KM Simba 01 yang mengalami patah kemudi di perairan mangoli kabupaten Kepulauan Sula, Provinsi Maluku Utara, berhasil dievakuasi Tim SAR gabungan menggunakan KRI Alboqorah 867 ke Pelabuhan Sanana Kamis (9/9) malam.

Kepala Basarnas Ternate Muhammad Arafah kepada wartawan meyampaikan, Evakuasi 115 penumpang sisah KM Simba 01 ini memakan waktu cukup lama karena terkendala cuaca buruk.

"Tim SAR Gabungan yang melakukan evakuasi terkendala cuaca buruk, gelombang tinggi dan angin kencang. Namun pada pukul pukul 17.15 seluruh penumpang berhasil diselamatka, tim SAR ke Pelabuhan Sanana" Ungkap Arafah

Selain itu lanjut Arafah, untuk 13 orang ABK Kapal KM Simba masih berada di atas kapal dan akan dievakuasi oleh kapal milik PT.Harita nikel ke pelabuhan Labuha Halmahera Selatan.

"Atas evakuasi susulan tersebut maka seluruh penumpang kapal yang diselamatkan sebanyak 308 orang," Tandas Arafah. (OL-13)

Baca Juga: KM Simba Patah Kemudi Baru 180 Penumpang Dievakuasi

BERITA TERKAIT