07 September 2021, 21:55 WIB

Musim Hujan Di Cirebon Diperkirakan Datang Lebih Awal


Nurul Hidayah | Nusantara

ANTARA
 ANTARA
Ilustrasi 

MUSIM penghujan di wilayah Cirebon, Jawa Barat diperkirakan datang lebih awal. Ahmad Faa Izyn, pengamat cuaca pada BMKG Stasiun Jatiwangi menjelaskan awal musim hujan di sebagian besar wilayah Cirebon, yang terdiri dari Kota dan Kabupaten Cirebon, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Majalengka dan kabupaten Kuningan, diprakirakan maju satu hingga tiga dasarian.

"Namun ada pula daerah yang awal musim hujannya normal atau tetap seperti biasa. Tergantung daerahnya," kata Faiz, Selasa (7/9).

Daerah yang awal musim hujan diprakirakan maju yaitu Cirebon, Majalengka dan Kuningan. Sedangkan daerah yang awal musim hujannya diperkirakan sama hingga maju satu hingga tiga dasarian yaitu Kabupaten Indramayu.

Untuk Cirebon, awal musim hujan diprakirakan maju satu hingga dua dasarian dibandingkan rata-rata. Ini berarti awal musim hujan di sejumlah kecamatan di Cirebon akan dimulai Oktober dasarian II (21-30 Oktober). Ada pula yang baru mulai musim hujan pada November dasarian I (1-10 November).

"Untuk Kabupaten Majalengka, prakiraan awal musim hujan akan maju dua dasarian," ujar Faiz.

Karenanya musim hujan di sejumlah kecamatan akan dimulai pada Oktober dasarian I. namun ada pula beberapa kecamatan yang memulai musim hujan pada Oktober dasarian II dan Oktoberdasarian III.

Sedangkan untuk Kabupaten Kuningan, awal musim hujan maju dua sampai tiga dasarian. Untuk itu sejumlah kecamatan akan memasuki musim hujan pada Oktober dasarian I meskipun adapula yang memasuki musim hujan pada Oktober dasarian II dan Oktober dasarian III.

Sementara untuk Kabupaten Indramayu, prakiraan awal musim hujannya sama hingga maju satu sampai tiga dasarian. Karenanya, ada beberapa kecamatan yang akan memulai musim hujan pada Oktober dasarian III. Selain itu, sebagian besar kecamatan lainnya baru akan memasuki musim hujan pada November dasarian I dan November dasarian II. (OL-15)

 

BERITA TERKAIT