07 September 2021, 20:46 WIB

Sebagian Wilayah Jateng Akan Masuki Musim Penghujan Pada Akhir September


Lilik Darmawan | Nusantara

ANTARA
 ANTARA
Ilustrasi 

SEBAGIAN wilayah Jawa Tengah (Jateng) bagian selatan seperti Banyumas, Cilacap, Banjarnegara, Purbalingga dan Kebumen akan memasuki musim penghujan pada dasarian (10) hari ketiga September.

Pengamat cuaca Stasiun Meteorologi BMKG Tunggul Wulung Cilacap Rendi Krisnawan mengatakan berdasarkan data prakiraan dari BMKG Semarang, ada sejumlah daerah yang memasuki musim penghujan. "Ada beberapa daerah yang Memasuki musim penghujan awal adalah sebagian besar Cilacap dan Banyumas. Selain itu juga Banjarnegara, Purbalingga dan Kebumen. Iniberdasarkan prakiraan dari BMKG Semarang," jelas Rendi, Selasa (7/9).

Dijelaskan Rendi, selain itu wilayah lain yang memasuki musim penghujan pada dasarian III adalah Pemalang, Pekalongan, dan sebagian kecil Brebes, Tegal dan Wonosobo. "Secara keseluruhan di wilayah Banyumas, luasan daerah yang paling awal memasuki musim penghujan seluas 14,8%," ujarnya.

Menurut Rendi, berdasarkan prakiraan ada sejumlah wilayah yang berpotensi di atas normal hujannya. Di bagian barat adalah Kota Tegal, Pekalongan dan Salatiga. Kemudian sebagian wilayah Tegal, Pati, Rembang, Grobogan, Karanganyar, Boyolali, Magelang. Temanggung,  Banyumas, dan Cilacap.

Daerah lainnya adalah sebagian wilayah utara Pemalang dan Pekalongan, wilayah barat laut Batang, Kendal, Kota Semarang, sebagian wilayah Wonogiri, Jepara, sebagian kecil wilayah barat Purbalingga dan Sragen serta sebagian kecil wilayah timur Sukoharjo. (OL-15)

BERITA TERKAIT