07 September 2021, 18:09 WIB

Kasus Covid-19 Terus Menurun, Pemkot Cirebon Tutup Dua Lokasi Isoter


Nurul Hidayah | Nusantara

DOK MI
 DOK MI
Ilustrasi 

JUMLAH kasus Covid-19 di Kota Cirebon, Jawa Barat terus mengalami penurunan. Hal ini membuat Pemkot Cirebon memutuskan menutup dua lokasi isolasi mandiri terpusat (isoter).

Sebelumnya, Pemkot Cirebon menyewa dua hotel sebagai lokasi isoter pasien Covid-19. Namun sejak 1 September 2021 kedua isoter tersebut ditutup dan difungsikan kembali sebagai hotel.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cirebon, Edy Sugiarto, menjelaskan sebelum ditutup warga yang melakukan isoman di hotel hanya 3 orang. "Secara umum melandai. Melandainya signifikan," ujar Edy, Selasa (7/9).

Edy menambahan tingkat keterisian rumah sakit terhadap pasien Covid-19 atau BOR juga turun. "Rata-rata tinggal 9 persen," ujar Edy. Namun Edy tetap meminta warga Kota Cirebon tidak lengah. "Tetap menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin,"  tutur Edy.

Pemkot Cirebon, jelas Edy, saat ini terus menggenjot vaksinasi Covid-19. Saat ini cakupan vaksinasi Covid-19 di Kota Cirebon sudah 61,44  persen. Dengan cakupan itu Edy mengaku optimis Desember 2021 kekebalan kelompok atau herd immunity dapat terbentuk di Kota Cirebon Desember mendatang.

Vaksinasi Covid-19 di Kota Cirebon selama ini banyak mendapatkan bantuan dari TNI/Polri. Baik stok vaksin hingga personilnya. "Sehingga percepatan vaksinasi Covid-19 dapat dengan cepat dilakukan di Kota Cirebon," ujar Edy. (OL-15)

BERITA TERKAIT