05 September 2021, 19:25 WIB

UNW Mataram Luncurkan Pupuk Organik Berkualitas


Yusuf Riaman | Nusantara

MI/Yusuf Riaman
 MI/Yusuf Riaman
 

UNIVERSITAS Nahdlatul Wathan (UNW) Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) berhasil ciptakan produk pupuk organik berkualitas tinggi yang diberi nama Bio Rinjani.
      
"Salah satu kado HUT UNW adalah pupuk cair, dan padat dengan nama Bio Rinjani. Ini merupakan produk pupuk organik berkualitas tinggi dari Fakultas Pertanian, dan Fakultas Peternakan UNW," kata Rektor UNW Mataram, TGH. Lalu Muhyi Abidin pada peringatan Hari Ulang Tahun, UNW Mataram, Sabtu (04/09) di aula kampus setempat.
     
Dikatakan Muhyi, gebrakan di HUT ke-35 ini, Fakultas Pertanian dan Fakultas Peternakan menghasilkan produk pupuk organik. Karena itu, sebut Muhyi Abidin, puncak ulang tahun UNW Mataram menjadi hari yang luar biasa dan istimewa. Civitas akademika UNW Mataram menghasilkan inovasi pupuk organik berkualitas tinggi.
     
"Sebelumnya UNW belum pernah mengadakan kegiatan-kegiatan seperti ini hingga akhirnya saat ini kami mampu menunjukkan eksistensi UNW Mataram," katanya kepada hadirin.

Dijelaskan, UNW Mataram telah melahirkan alumni-alumni yang membanggakan. Jajaran kampus pun terus berupaya menghasilkan temuan yang bermanfaat bagi masyarakat.
      
Dia selaku Rektor UNW Mataram berharap pupuk cair dan padat yang dihasilkan dapat membawa manfaat bagi dunia pertanian di NTB. 
     
Hadir dalam HUT UNW Mataram Sekda Provinsi NTB HL Gita Aryadi serta Wakil Wali Kota Mataram TGH. Mujiburahman. Sekda Provinsi NTB HL Gita Aryadi mendoakan salah satu kampus swasta terbaik ini tetap jaya.
      
"Momentum ulang tahun ini menjadi momentum untuk mengevaluasi perjalanan UNW Mataram. Atas nama Pemprov menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada UNW Mataram yang telah berkontribusi untuk membangun negeri," katanya.

Kepala Desa Melake Kecamatan Pemenang Kabupaten Lombok Utara, Akmaluddin Ikhwan menyambut baik pupuk organik ini. Diakuinya, harga dari pupuk ini terjangkau bagi masyarakat. "Menurut saya ini sangat bagus, secara kualitas dari paparan saat launching tadi kan tidak kalah saing dengan produk lain," katanya.
      
Inovasi Fakultas Pertanian UNW Mataram diharapkan bisa menjadi contoh bagi perguruan tinggi lain di NTB. Ia juga akan berupaya agar Pemerintah Desa Melake dan UNW Mataram bekerja sama untuk produksi dan penggunaan pupuk organik UNW Mataram.
      
"Harapan kita juga bisa bekerja sama untuk produksi. Supaya ini juga menjadi nilai tambah meningkatkan ekonomi masyarakat," tambahnya.
      
Pada perayaan Hari Ulang Tahun ke-35 UNW Mataram, selain peluncuran Pupuk Organik Cair dan Padat Bio Rinjani, sebelumnya digelar bakti sosial membagikan sembako ke masyarakat kurang mampu. (YR/OL-10)

BERITA TERKAIT