01 September 2021, 08:45 WIB

Tren Covid-19 di Klaten Menurun Tapi Prokes Jangan Kendur


Djoko Sardjono | Nusantara

MI/Djoko Sardjono
 MI/Djoko Sardjono
Ilustrasi

PERKEMBANGAN situasi covid-19 di Klaten, Jawa Tengah, menunjukkan tren penurunan, Selasa (31/8). Kali ini, terdapat 79 pasien sembuh, 34 orang terkonfirmasi positif, dan tiga meninggal dunia.

Koordinator Penanganan Kesehatan Satuan Tugas Covid-19, Cahyono Widodo, melaporkan penambahan 79 pasien sembuh, sebelumnya mereka menjalani perawatan intensif di rumah sakit/isolasi mandiri.

"Sekalipun dinyatakan sudah sembuh, mereka tetap diharuskan isolasi di rumah minimal selama tujuh hari. Dengan begitu, pasien covid-19 yang baru sembuh dari perawatan itu benar-benar sehat," jelasnya.

Di sisi lain, penambahan 34 kasus terkonfirmasi positif, 7 orang diantaranya kontak erat, 3 tertular dalam perjalanan di luar daerah, dan 24 orang lainnya terpapar saat melakukan aktiviras rutin di Klaten.

"Sedangkan tiga orang yang dilaporkan meninggal dunia, semuanya terkonfirmasi positif covid-19," ungkap Koordinator Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19 yang juga Kepala Dinas Kesehatan Klaten.

Sementara, jumlah kasus covid-19 di Klaten akumulatif hingga saat ini mencapai 34.243 orang. Dari jumlah itu, sebanyak 31.082 orang sembuh, 335 menjalani perawatan, dan 2.826 meninggal dunia.

Meski kasus covid-19 di Klaten melandai, Cahyono meminta masyarakat untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan. Memakai masker, jaga jarak, dan cuci tangan pakai sabun di air mengalir. (OL-13)

Baca Juga: Siswa di Yaman Bersekolah di Tengah Reruntuhan Perang

BERITA TERKAIT