31 August 2021, 12:50 WIB

Pemkab OKI Dorong Peningkatan Konektivitas Wilayah Lumbung Pangan


Dwi Apriani | Nusantara

MI/Dwi Apriani
 MI/Dwi Apriani
Bupati OKI, Iskandar.

PEMERINTAH Kabupaten Ogan Komering Ilir mendorong peningkatan konektivitas menuju lokasi pengembangan lumbung pangan baru atau kawasan food estate di Wilayah Ogan Komering Ilir kepada Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Bupati OKI Iskandar mengatakan, konektivitas di wilayah ini diperlukan agar mobilitas barang, jasa, dan manusia lebih efisien. Dengan konektivitas yang semakin baik, diharapkan perekonomian wilayah meningkat.

''Pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan akan meningkatkan konektivitas dan aksesibilitas, di samping memberikan alternatif bagi warga untuk meningkatkan produktivitas perekonomian," kata Iskandar, Selasa, (31/8/21).

Ia mengatakan infrastruktur jalan dan jembatan menuju Kawasan food estate itu dapat menunjang target Ogan Komering Ilir sebagai penyangga food estate Nasional di Provinsi Sumatra Selatan.

"Ogan Komering Ilir ini sumber daya utamanya adalah dari sektor pertanian. Terbukti saat ini OKI menjadi salah satu lumbung pangan nasional dengan produktivitas mencapai 1 juta ton Gabah Kering Giling (GKG)," ucap Iskandar.

Menurut Iskandar, tiga wilayah food estate di OKI patut mendapat dukungan infrastruktur antara lain Kecamatan Sungai Menang, Jejawi dan Kecamatan Pampangan. ''Tentu kami sangat membutuhkan dukungan dari pemerintah pusat dalam pengembangan wilayah ini untuk mendukung produktivitas pangan nasional. Konektivitas ini untuk mempermudah, dan mendukung produksi pertanian kami agar bisa meningkat berkali lipat," pungkasnya. (DW/OL-10)

 

BERITA TERKAIT