26 August 2021, 11:03 WIB

Wali Kota Sorong Imbau OTG Lapor ke Puskesmas Terdekat agar Ikut Isolasi Terpusat


Martinus Solo | Nusantara

MI/Martinus Solo
 MI/Martinus Solo
Wali Kota Sorong Lamberth Jitmau.

WALI Kota Sorong, Lambert Jitmau mengimbau kepada warga Kota Sorong yang saat ini tengah melakukan isolasi mandiri (isoman), baik orang tanpa gejala (OTG) ringan maupun sedang, agar dapat melaporkan diri ke puskesmas terdekat. Sehingga dapat menjalani perawatan di tempat Isolasi Apung Terpusat (Isoter) Terpadu KM Sirimau.

''Saya berharap ada niat baik dari warga Kota Sorong yang kena virus corona khususnya OTG, agar dapat melaporkan diri mulai sekarang sampai satu minggu ke depan,'' kata Wali Kota, Kamis, (26/8) di depan posko Satgas Covid-19 Kota Sorong.

Menurutnya, warga tidak perlu takut dan segan untuk melaporkan diri kepada tim Satgas ataupun Puskesmas terdekat, karena hal tersebut bertujuan untuk menekan penyebaran covid-19. Sehingga virus tersebut dapat segera berakhir di Kota Sorong.

Selain itu, untuk membuat pasien tidak jenuh dan bosan saat menjalani perawatan di rumah sakit apung KM. Sirimau, sejumlah fasilitas telah dilengkapi di kapal tersebut. Termasuk internet gratis yang dapat dinikmati pasien.

''Fasilitas di atas kapal lengkap. Saya sudah menyiapkan dokter yang lebih dari satu, dan perawat sekitar 20 orang. Nantinya 10 orang akan bekerja mulai saat ini. Kemudian bergiliran, ada yang masuk hari ini dan hari lain  lagi,'' urai Wali Kota Lambert.

Harapannya, dengan dilakukan isoter terpadu, dapat memutus mata rantai penyebaran covid-19 di Kota Sorong. Selain itu, ada pengertian dan dukungan dari masyarakat, sehingga upaya yang dilakukan pemerintah hingga satu bulan ke depan, dapat membuahkan hasil, dimana virus Corona dapat berakhir di kota ini.

''Biarlah masyarakat kota Sorong dapat melakukan aktivitas sebagaimana mestinya. Tapi kalau masih terdapat penyebaran virus corona lagi, kekuatiran dan ketakutan tetap melanda kehidupan kita. Akhirnya, kita tidak bisa bergerak leluasa untuk melakukan aktivitas,'' ujar Wali Kota.

Dari data yang dihimpun redaksi, fasilitas yang disediakan di tempat Isoter terpadu KM Sirimau adalah:

1.Semua biaya selama perawatan ditanggung negara.
2. Makanan, minuman, obat-obatan dan vitamin dijamin.
3. Pasien dapat melakukan aktivitas olahraga pada pagi dan sore hari di tempat yang telah disediakan.
4. Pasien dapat berjemur di bawah matahari untuk mempercepat proses kesembuhan.
5. Pasien beragama Muslim maupun Nasrani dapat melakukan ibadah seperti biasa.
6. Pasien tetap dapat bercakap dengan sesama pasien.
7. Pasien dapat mengisi waktu luang dengan fasilitas yang telah disediakan, termasuk hiburan.
8. Fasilitas internet gratis (Wifi) untuk mengisi waktu luang. (MS/OL-10)

BERITA TERKAIT