25 August 2021, 21:39 WIB

Serbuan Vaksinasi TNI AL Koarmada II Diserbu Warga Kabupaten Tegal


Supardji Rasban | Nusantara

MI/Supardji Rasban
 MI/Supardji Rasban
Pangkoarmada II Laksda TNI Iwan Isnurwanto tinjau pelaksanaan 'Serbuan Vaksinasi' di Stadion Trisanja bersama Gubernur Jateng Ganjar Pranowo

MENDUKUNG percepatan tercapainya kekebalan kelompok (herd immunity) seluruh lapisan masyarakat Indonesia, TNI Angkatan Laut melalui Koarmada II Surabaya menggelar program 'Serbuan Vaksinasi' bagi masyarakat maritim yang berada di wilayah Kabupaten Tegal, Rabu (25/8/2021).
     
Serbuan Vaksinasi digelar di empat lokasi yakni Stadion Trisanja Slawi, SORGA Kalibakung, Pantai Purwahamba Indah dan Pondok Pesantren Darussalam Kalibakung. "Serbuan vaksin ini untuk mendukung percepatan herd immunity nasional termasuk di Kabupaten Tegal," ujar Pangkoarmada II Laksda TNI Iwan Isnurwanto, usia meninjau pelaksanaan vaksinasi di Stadion Trisanja yang juga Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan Bupati Tegal, Umi Azizah.
     
Serbuan Vaksinasi digelar selama dua hari yaitu Rabu (25/8) dan Kamis (26/8). Sejak dimulai pukul 07.00 WIB hingga 16.00 WIB kegiatan itu benar-benar diserbu ribuan warga dari berbagai tempat di Kabupaten Tegal yang ingin divaksin Covid-19.
     
Koarmada II menargetkan 30.000 jiwa dapat tervaksinasi, dengan prioritas masyarakat usia 18 tahun ke atas yang belum tervaksin dosis pertama. "Ini perintah langsung Kasal Laksamana TNI Yudo Margono. Kami sudah menyiapkan kurang lebih 30 ribu dosis vaksin, dan kami mengarapkan selama dua hari ini diselesaikan, dihabiskan," ujar Laksda Iwan.
     
Iwan menyebut TNI AL dalam membantu pemerintah menanggulangi Covid-19. Selain menggelar program 'Serbuan Vaksinasi' bagi masyarakat maritim, juga telah berupaya menyediakan ruang perawatan tambahan, baik di RSAL maupun memanfaatkan gedung yang ada, dukungan oksigen medis melalui Pokso Bantuan Oksigen, serta sumbangan darah melalui  donor darah konvalesen dan regular.
     
"Tidak hanya Serbuan Vaksin, TNI AL juga telah berupaya menyediakan ruang perawatan tambahan, dukungan stok oksigen serta sumbangan donor darah konvalesen dan regular. Semuanya guna membantu pemerintah menanggulangi
Covis-19," tutur Pangkoarmada II.
     
Iwan menambahkan Koarmada II Selama ini telah menjalin kerja sama dengan sejumlah pemerintah Kabupaten/Kota untuk memberikan vaksinasi gratis tahap 1 maupun tahap 2 di pulau-pulau terpencil, daerah pesisir dan perkotaan seperti Pulau Sapeken, Bawean, Kabupateb Lamongan, Bangkalan, Surabaya dan Malang.  

"Selain itu, Koarmada II juga berkontribusi memperkuat imunitas tubuh para pekerja pelabuhan, pabrik dan media," tandas Laksda Iwan.
      
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyampaikan masyarakat Jawa Tengah khususnya Kabupaten Tegal mendapatkan berkah karena mendapat bantuan 'Serbuan Vaksin' dari TNI AL. Menurut Ganjar semakin banyak masyarakat yang sudah divaksin, maka kegiatan masyarakat akan terbuka kembali, namun tetap dengan penerapan protokol kesehatan 5 M.  

"Pak Presiden sudah menyampaikan target kita nanti Desember 2021. Kalau Desember itu kita genjot bisa 70 syukur bisa 80%, masyarakat indonesia divaksin, Insya Allah kegiatan kita mulai terbuka kembali," ujar Ganjar. (JI/OL-10)

BERITA TERKAIT