18 August 2021, 16:55 WIB

Satgas Covid-19 Babel Pastikan Harga Tes PCR Rp550 Ribu Mulai Berlaku


Rendy Ferdiansyah | Nusantara

DOK MI
 DOK MI
Ilustrasi 

SEKRETARIS Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Bangka Belitung (Babel), Mikron Antariksa memastikan harga tes PCR yang ditetapkan Presiden sudah diberlakukan di sejumlah tempat di Babel.

"Selasa (17/8), harga baru tes PCR sebesar Rp550 sudah diberlakukan di Babel. Jadi masyarakat yang ingin melaksanakan tes PCR covid-19 sudah bisa dengan harga yang baru," kata Mikron. Rabu (18/8).

Namun, diakui tidak semua fasilitas kesehatan di Babel yang bisa melakukan tes PCR menerapkan harga Rp550 ribu. Saat ini, harga tes PCR sebesar itu baru berlaku di Labkesda Babel, Rumah Sakit Umum Pangkalpinang, RS Marsidi Judono, rumah sakit umum di Bangka, dan beberapa rumah sakit lainnya.

Antariksa berharap seluruh rumah sakit yang memiliki alat tes PCR untuk mengikuti aturan yang telah ditetapkan terkait harga tes PCR tersebut. "Bagi masyarakat yang merasa dirugikan, kalau harga tes masih harga lama Rp800 ribu, silahkan melapor, baik ke satgas, maupun ke dinkes provinsi atau kabupaten/kota," jelasnya.

Ia berharap dengan harga tes PCR yang sudah diturunkan, akan  semakin menarik masyarakat yang ingin memastikan bebas covid-19. "Tes PCR ini kan akurat, nah kita harapkan dengan harga yang diturunkan ini tidak lagi memberatkan masyarakat, kendati harga masih tergolong  tinggi," terangnya. (OL-15)

 

BERITA TERKAIT