18 August 2021, 05:42 WIB

Merah Putih Berkibar di Dasar Laut Lhokseumawe


Basuki Eka Purnama | Nusantara

ANTARA/HO/Dok Korem 011/Lilawangsa
 ANTARA/HO/Dok Korem 011/Lilawangsa
Penyelam mengibarkan bendera merah putih dari dasar laut perairan Pantai Ujong Batee, Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe, Selasa (17/8).

SEBANYAK 20 penyelam mengibarkan bendera Merah Putih di dasar laut perairan Lhokseumawe, Aceh, dalam rangka memperingati HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Komandan Korem 011/Lilawangsa, Kodam Iskandar Muda, Kolonel Inf Sumirating Baskoro, Selasa (17/8), mengatakan pengibaran bendera Merah Putih dilakukan di dasar laut dengan kedalaman 7 meter dan 1 mil dari bibir Pantai Ujong Batee, Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe.

"Pengibaran bendera di dasar laut ini rangkaian dari semua kegiatan di seluruh jajaran, bekerja sama dengan Polri dan sebagai simbol persatuan, dalam merayakan hari Kemerdekaan Indonesia ke-76 tahun," kata Sumirating.

Baca juga: HUT ke-76 RI, Pengurus NasDem Lembata Berziarah ke Makam Eks Bupati

Sumirating mengatakan pengibaran bendera Merah Putih di dasar laut tersebut melibatkan tim penyelam TNI, Polri, Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia Lhokseumawe, dan mahasiswa.

Menurut Sumirating, kegiatan tersebut sebagai momentum Indonesia tangguh dan tumbuh serta momentum bersatu melawan pandemi covid-19 yang masih melanda Indonesia.

Komandan Korem 011/Lilawangsa, Kodam Iskandar Muda itu juga mengatakan media massa berperan penting menyiarkan rangkaian peringatan hari ulang tahun Kemerdekaan Ke-76 RI di saat pandemi covid-19 sekarang ini.

"Termasuk pengibaran bendera Merah Putih di dasar laut. Kendati tidak bisa disaksikan langsung masyarakat, media massa bisa menyampaikan informasinya kepada masyarakat," kata Sumirating. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT