16 August 2021, 13:35 WIB

Wali Kota Gibran Berikan 93 Oksigen Concentrator untuk Karanganyar


Widjajadi | Nusantara

MI/Widjajadi
 MI/Widjajadi
Wali Kota Gibran menyerahkan oksigen concentrator kepada Pemkab Karanganyar yang diterima langsung oleh Bupati Juliyatmono.

WALI Kota Gibran Rakabuming Raka berharap Kabupaten Karanganyar sebagai kawasan penyangga Kota Solo terus menuju sehat. Sehingga pandemi semakin melandai dan tingkat keterpaparan juga semakin mengecil.

"Ini harapan kita, jika Solo sehat dan Karanganyar sebagai penyangga sehat, maka semua akan sehat. Tidak ada gunanya Solo sehat tapi Karanganyar sakit,  dan apalagi daerah penyangga lainnya juga sakit. Jadi ada keterkaitan erat, Solo dan daerah penyangga di Solo Raya ini dalam menuntaskan pandemi covid-19," kata dia, Senin ( 16/8).

Hak tersebut ditegaskan putra sulung Presiden Jokowi ketika berbagi 93 oksigen consentrator (OC) kepada Pemkab Karanganyar, yang diterima Bupati Juliyatmono, di Karanganyar. OC merupakan alat penyaring udara sekitar menjadi oksigen yang membantu pasien sesak nafas.

Dia katakan, meski covid sudah mulai landai dan turun drastis di Solo dan Karanganyar, tetapi semua elemen harus tetap waspada. Apalagi  varian delta itu sangat mudah menyebar. "Tentu saja harapan kita, tidak ada gelombang-gelombang berikutnya. Jadi perlu siaga," imbuh Gibran.

Yang jelas, lanjut dia, situasi pandemi Kota Solo sangat terpengaruh daerah sekitar. Karena itu, diharapakan semua waspada dan siaga bersama, dan tetap disiplin prokes, menjadi kunci dalam menjaga kesehatan bersama, yami Karanganyar sehat, Kota Solo juga sehat.

Bantuan 93 OC yang disalurkan ke Pemkab Karanganyar ini, sebagai kepanjangan dari bantuan teman Gibran di Singapura untuk Kota Solo. "Dan karena Kota Solo butuh kesehatan bersama, maka saya bagikan OC ini kepada Karanganyar," sergah suami Selvi Ananda itu.

Bupati Juliyatmoni menyambut baik uluran bantuan oksigen consentrator dari Wali Kota Gibran. "Ini sungguh surprise. Apalagi diantar langsung oleh Mas Wali " kata bupati Karanganyar usai menerima OC.

Juliyatmono menegaskan akan langsung meneruskan ke rumah sakit yang membutuhkan, dan juga tempat isolasi terpusat. "Ya meski covid makin melandai, keberadaan oksigen consentrator ini pasti sangat membantu," tukas dia.

Ia meyakini, semakin melandainya kondisi pandemi covid-19 ini tentu akan melegakan masyarakat, sehingga penyehatan ekonomi dapat berjalan lebih cepat. Jika ekonomi kerakyatan cepat tumbuh, tentu berpengaruh pada pegerakan ekonomi nasional. (RO/OL-10)

BERITA TERKAIT