14 August 2021, 19:55 WIB

Eva Yuliana Melayat ke Pura Mangkunegaran


Widjajadi | Nusantara

MI/WIDJAJADI
 MI/WIDJAJADI
Anggota DPR RI Eva Yiuliani saat melayat ke rumah duka

WAFATNYA Raja Pura Mangkunegaran, KGPAA Mangkunegoro IX menerbitkan duka bagi warga Surakarta, Jawa Tengah, dan sekitarnya. Termasuk anggota DPR RI Eva Yuliana.

Politikus NasDem itu melayat ke Puro Mangkunegaran, Sabtu (14/8). "Secara pribadi saya tidak kenal almarhum. Namun sebagai wong Solo sejak lama saya mengagumi kiprahnya menjaga adat tradisi dan budaya Jawa. Ini duka untuk semua warga Solo," tuturnya.

Almarhum sejak 1988 bertahta di istana peninggalan Pangeran Samber Nyawa atau Mangkunegoro I itu. Selama menjadi pengageng Pura Mangkunegaran, dia telah banyak memperkenalkan tarian tradisi yang menjadi kebanggaan masyarkaat adat Nusantara.

"Banyak yang sudah dilakukan Mangkunegara IX untuk menjaga budaya Jawa, menciptakan tarian, menjadikan Pura Mangkunegara sebagai pusat budaya Jawa. Harapan saya, penerusnya siapapun bisa melanjutkan perjuangan beliau menjaga budaya dan tradisi," ungkap Eva.

Eva mengaku secara emosional sangat dekat dengan budaya Mangkunegaran. selain menggandrungi tari srimoi dan bedaya milik Mangkunegaran, dia juga kadang mengikuti tradisi ziarah ke makam Astana Girilayu, Metesih, yang menjadi makam bagi Pangeran Samber Nyawa dan para penerusnya.

"Semalam saya sudah ke Astana Girilayu. Semua persiapan pemakaman sudah siap, semoga besuk lancar dan berjalan sesuai rencana." tambahnya.

Kedatangan Eva disambut permaisuri GKP Mangkunegoro IX dan keluarga. Dia diberi kesempatan untuk memberikan penghormatan di dekat peti jenasah.

Sebelumnya, Wali Kota Gibran Rakabuming Raka dan  Wakil Wali Kota Teguh Prakosa, serta Sekretaris Daerah Ahyani sudah datang melayat.

Mangkunagoro IX wafat Jumat (13/8) di di Jakarta. Ia tengah melakukan pengobatan. Jenasah akan dimakamkan di Astana Girilayu pada Minggu (15/8). (N-2)

BERITA TERKAIT