29 July 2021, 15:11 WIB

Pemilik Warung Ramen yang Pasang Foto Jokowi Diberi Pembinaan


Rahmatul Fajri | Nusantara

Dok. Instagram @polresgarut
 Dok. Instagram @polresgarut
Spanduk warung ramen yang menyertakan foto Jokowi di Garut, Jawa Barat.

SPANDUK di sebuah warung ramen wilayah Garut, Jawa Barat, yang berisi promosi beli satu gratis satu, kecuali Presiden Joko Widodo, sudah dicopot oleh aparat keamanan.

Kapolres Garut AKBP Wirdhanto Hadicaksono mengatakan pemililk warung tidak diproses secara hukum terkait spanduk tersebut. Namun, pihaknya bersama pemerintah daerah telah melakukan pembinaan kepada pemilik warung.

Baca juga: Dijuluki 'King of Lip Service', Jokowi Ingatkan Kritik Mesti Santun

"Tidak ada proses hukum, sesuai dengan SE Kabareskrim, kami tangani secara restorative justice," ujar Wirdhanto saat dikonfirmasi, Kamis (29/7).

Menurutnya, peristiwa itu merupakan permasalahan sosial budaya, khususnya dalam penggunaan media sosial. Pihaknya pun melakukan pendekatan secara persuasif. Serta, meminta klarifikasi terhadap pemilik warung. 

Wirdhanto menyebut petugas juga meminta pemilik warung agar bersedia menurunkan spanduk secara sukarela. "Polres Garut bersama dengan Diskominfo Kabupaten Garut memberikan klarifikasi dan pembinaan literasi digital terhadap yang bersangkutan," imbuhnya.

Baca juga: DPRD DKI Bantah Ada Suntikan Vaksin Ketiga Untuk Influencer

Sebelumnya, dalam video yang dibagikan akun Instagram @polresgarut, terdapat klarifikasi dari pemilik warung bernama Rizka Rahman terkait promosi dengan spanduk. Dia juga meminta maaf atas pemasangan spanduk tersebut. Serta, menyatakan tidak ada niat untuk memprovokasi dan mengkritik pemerintah.

"Tidak ada maksud apa pun. Tidak ada maksud mengkritik pemerintah atau pun memprovokasi," jelas Rizka dalam video tersebut.(OL-11)

BERITA TERKAIT