23 July 2021, 12:00 WIB

Prajurit TNI Antarkan Obat Gratis Covid-19 bagi yang Isoman di Tasikmalaya


Adi Kristiadi | Nusantara

MI/Kristiadi
 MI/Kristiadi
TNI dibantu petugas Puskesmas secara langsung distribusikan obatgratis pada warga yang menjalani isoman di Kota Tasikmalaya, Jumat (23/7)

PRAJURIT TNI mendistribusikan bantuan obat gratis bagi pasien Covid-19 yang  menjalani isolasi mandiri (isoman) di Tasikmalaya. Bantuan tersebut langsung diantarkan ke rumah masing-masing warga yang isoman.

Kepala Staf Komando Distrik Militer (Kodim) 0612 Tasikmalaya Mayor Inf Candra Suhendra mengatakan, bantuan obat dari pemerintah sudah sampai di Tasikmalaya. Prosedurnya dari pemerintah pusat lalu disalurkan kepada TNI melalui Kodam, Korem 062 Garut secara langsung dikumpulkan di Denkes Garut hingga ke Kodim.

"Kodim selama ini telah memiliki data pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri. Bantuan obat gratis ini kemudian disalurkan kembali melalui Koramil, untuk disalurkannya langsung kepada para pasien isoman melalui Babinsa. Kami juga bekerja sama dengan puskesmas untuk mengetahui kondisi pasien yang menjalani isoman," kata Mayor Inf Candra, Jumat (23/7).

Penyaluran obat bagi warga yang isoman, jelas Candra, tercatat ada 1.023 paket obat. Paket obat gratis itu sudah didistribusikan ke 25 koramil di wilayah Kabupaten dan Kota Tasikmalaya. Pembagiannya dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama ada 2 paket sebanyak 166 obat dan paket 3 sebanyak 166 obat, paket 1 telah didistribusikan sebanyak 136 obat, paket 2 sebanyak 647 obat dan paket 3 sebanyak 240 obat didistribusikan ke 25 Koramil.

"Memang belum semua pasien isoman dapat obat gratis karena kedatangan obatnya bertahap dan menyesuaikan dengan suplai dari denkes. Wilayah Kota Tasikmalaya diprioritaskan lantaran berdasarkan data pasien Covid-19 lebih banyak dibandingkan dengan Kabupaten Tasikmalaya," ujarnya.

Sementara, Kepala Puskesmas Mangkubumi, Kota Tasikmalaya, Arif Prianto mengatakan, penyaluran obat gratis melalui TNI sangat membantu penanganan pasien Covid-19 yang menjalani isoman. Di wilayah Mangkubumi tercatat ada 120 orang pasien Covid-19 berstatus orang tanpa gejala (OTG) jalani isoman.

"Pasien isoman yang bergejala diupayakan dirujuk ke rumah sakit apabila tak ada tempat puskesmas akan mengupayakan obat untuk pasien. Karena, obat yang diberikannya harus disesuaikan dengan gejala pasien dan tidak sembarang diberikan. Obat gratis yang disalurkan melalui TNI tetap didampingi petugas puskesmas agar tepat sasaran," paparnya.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya angka kasus terkonfirmasi positif Covid-19 berjumlah 11.433 kasus di antaranya 1.553 orang menjalani isolasi, 9.488 orang dinyatakan sembuh, 392 orang meninggal dunia, tetap tempat tidur untuk pasien Covid-19 yang mendapat perawatan 417 orang dan 1.136 orang menjalani isoman. (OL-13)

Baca Juga: Dua Warga yang Ambil Paksa Jenazah Pasien Covid-19 di Kupang Kini Positif

 

BERITA TERKAIT