20 July 2021, 11:10 WIB

Sulawesi Tenggara Salurkan Beras untuk Masyarakat selama PPKM Mikro


Mediaindonesia.com | Nusantara

Antara/Jojon.
 Antara/Jojon.
Ali Mazi.

PADA Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro saat ini, pemerintah melalui Perum Bulog Sulawesi Utara menyalurkan bantuan beras kepada masyarakat, khususnya keluarga penerima manfaat dalam Program Keluarga Harapan (PKH) dan keluarga penerima Bantuan Sosial Tunai (BST). Masing-masing keluarga menerima bantuan sebanyak 10 kilogram dengan jumlah total se-Sultra sebanyak 221.413 keluarga yang terdiri dari 119.587 keluarga PKH dan 101.826 keluarga Program BST.

"Saya selaku pimpinan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara dan secara pribadi menyambut baik sembari berharap semoga bantuan beras dari pemerintah ini dapat membantu meringankan beban masyarakat Sultra dalam memenuhi kebutuhan pangan, khususnya beras, yang selama ini menjadi salah satu beban pengeluaran rumah tangga tergolong sangat besar bagi masyarakat berpenghasilan rendah,” jelas Gubernur Sultra Ali Mazi dalam keterangan resmi, Selasa (20/7). Ia melepas bantuan beras bagi masyarakat di daerah ini sebagai bagian dari kebijakan PPKM Mikro, Minggu (18/7), di Rumah Jabatan Gubernur yang dihadiri secara terbatas.

Ali juga meminta para bupati/wali kota beserta jajaran pemerintahan daerah di wilayahnya untuk dapat memberikan dukungan secara aktif guna kelancaran kegiatan penyaluran bantuan beras PPKM sehingga masyarakat bisa segera merasakan bantuan beras tersebut. Ia kembali menegaskan agar semua elemen pemerintahan untuk terus bersama-sama mengimbau, mengedukasi, mengajak, sekaligus meningkatkan kesadaran masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan 5M, aktif mendukung upaya 3T, mendorong partipasi masyarakat mengikuti vaksinasi gratis secara tuntas, dan meyakinkan seta meminta semua kalangan masyarakat untuk dapat bersabar mematuhi kebijakan PPKM Mikro yang sedang dilaksanakan pemerintah.

Pemimpin Perum Bulog Kanwil Sultra Ermin Tora menyampaikan penyaluran bantuan ini sesuai dengan Surat Menteri Sosial Nomor S-147/MS/C/3.3/BS.OV7/2021 tanggal 15 Juli 2021 yang menindaklanjuti arahan Presiden yang menugaskan Perum Bulog untuk menyalurkan bantuan beras. Jumlah sebanyak 221.413 keluarga tersebut berdasarkan data dari Kementerian Sosial dan selanjutnya dikoordinasikan ke pemerintah kabupaten/kota. 

Baca juga: Tolak Perpanjangan PPKM Darurat, Bupati Jembrana: Permintaan Rakyat

 

Bulog Sultra membutuhkan sekitar 2.000 ton untuk penyaluran bantuan tersebut. Dengan jumlah stok beras yang dimiliki Bulog saat ini, kebutuhan penyaluran bantuan tersebut sangat tersedia dan mencukupi. Rencananya, penyaluran untuk Kota Kendari mulai dilakukan pada Minggu dan segera disusul kabupaten/kota lain. (OL-14)

BERITA TERKAIT