09 July 2021, 08:00 WIB

Ratusan Warga Binaan Lapas Kerobokan Divaksin


Arnoldus Dhae | Nusantara

MI/Arnoldus Dhae
 MI/Arnoldus Dhae
Vaksinasi di Lapas Kerobokan

KEPALA Kantor Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Bali Jamaruli Manihuruk mengatakan vaksinasi bagi warga binaan dan petugas di Lapas Kelas IIA Kerobokan Denpasar sudah dilakukan sejak Kamis (8/7), bertempat di Aula Ardha Candra Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Kerobokan.

"Vaksinasi digelar bagi Petugas Pemasyarakatan dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Kegiatan vaksinasi ini bertujuan untuk dapat meminimalisir terpaparnya Petugas dan Warga Binaan Pemasyarakatan dari covid-19 di Lapas Kerobokan," ujar Jamaruli di Denpasar, Jumat (9/7) pagi.

Kegiatan vaksinasi ini terselenggara atas kerja sama Lapas Kelas II A Kerobokan dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Badung dimana dalam periode vaksinasi tahap pertama ini dilaksanakan pada tanggal 8 Juli 2021 sampai 10 Juli 2021 yang akan diikuti oleh 1.637 orang WBP. Pada tanggal 8 Juli 2021, kegiatan vaksinasi dijalankan oleh 21 orang petugas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Badung. Di hari pertama ini sudah ada 679 orang Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Kelas II A Kerobokan yang divaksin.

"Kemudian hari ini kegiatan vaksinasi akan dilanjutkan dengan target 600 orang Warga Binaan Pemasyarakatan yang belum mendapatkan giliran vaksin," tuturnya.

Baca juga: 270 Warga Binaan Lapas Salemba Divaksin Covid-19

Sebelumnya, petugas dan WBP yang akan mengikuti kegiatan vaksinasi ini dilakukan skrining terlebih dahulu oleh petugas kesehatan untuk memastikan kondisi tubuh mereka benar-benar sehat serta dinyatakan dapat mengikuti kegiatan vaksinasi. Setelah disuntik vaksin peserta akan diarahkan duduk untuk observasi selama 30 menit untuk dilihat apakah ada gejala atau tidak. Kegiatan vaksinasi berjalan dengan lancar serta tetap memperhatikan protokol kesehatan pencegahan penularan covid-19.

Untuk kegiatan vaksinasi berikutnya atau tahap kedua akan diselenggarakan pada 29 September 2021.(OL-5)

BERITA TERKAIT