30 June 2021, 08:15 WIB

Candi Prambanan Ditutup Bagi Kunjungan Wisatawan hingga 5 Juli


Agus Utantoro | Nusantara

Antara
 Antara
Untuk mencegah penyebaran Covid-19, Candi Prambanan ditutup hingga 5 Juli 2021.

PT TAMAN Wisata Candi Borobudur Prambanan dan Ratu Boko (TWC), kembali melakukan penutupann operasional destinasi wisata Taman Wisata Candi Prambanan.

"Penutupan ini berlaku hingga hari Senin (5/7) mendatang," kata Corporate Secretary PT TWC, Emilia Eny Utari dalam rilisnya yang diterima Media Indonesia, Rabu (30/6).

Menurut Eny, penutupan itu menindaklanjuti Surat Edaran Bupati KLaten no.443.5/418/13 tentang Percepatan Pengendalian Penyebaran Covid-19 di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Keputusan itu diambil menyusul melonjaknya angka terkonfirmasi positif covid-19 di Klaten yang kemudian menempatkan Klaten oada zona merah.

PT TWC selaku perusahaan BUMN pengelola kawasan destinasi, ujar Eny, mendukung langkah Pemerintah Kabupaten Klaten untuk menekan laju penularan Covid-19 di wilayahnya dengan menutup operasional TWC Prambanan.

"Untuk mendukung program pemerintah Kabupaten Klaten dalam menekan laju penyebaran Covid-19, maka kami selaku pengelola destinasi wisata menutup sementara operasional TWC Prambanan. Kami berharap penutupan ini bisa ikut berpartisipasi dalam proses penekanan lajunnya penyebaran Covid -19, serta untuk pemulihan baik segi kesehatan maupun ekonomi di masyarakat. Kami yakin, situasi ini dapat kita lalui bersama," Emilia Eny Utari yang juga Ketua Satgas Penanganan Covid-19 PT TWC di Kantor Pusat PT TWC, Prambanan, Sleman.

PT TWC, lanjutnya, akan terus memantau lebih lanjut mengenai kondisi dan perkembangan selanjutnya. Ia menambahkan, PT TWC akan terus melakukan koordinasi dengan gugus tugas pengendalian Covid-19 untuk melihat situasi serta kondisi terkini di Klaten.

Selama penutupan ini PT TWC terus melakukan kegiatan preventif dalam mengurangi upaya penyebaran Covid-19. Hal ini dilakukan dengan menjaga kebersihan lingkungan di kawasan destinasi.

"Hal ini merupakan bentuk komitmen kami dalam menjaga suasana yang nyaman dan aman sesuai dengan sertifikasi CHSE dari Kemenparekraf yang telah kami terima di semua destinasi kami," ungkapnya.

Seperti diketahui, Candi Prambanan, meski tiga candi utamanya berada di Kabuaten Sleman, namun pintu masuknya berada di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. (OL-13)

Baca Juga: Kunjungan ke Candi Borobudur Ditutup Sementara

 

BERITA TERKAIT