17 June 2021, 23:26 WIB

437 Orang jadi Sasaran Vaksinasi Massal di Kecamatan Cikalongkulon


Benny Bastiandy/Budi Kansil | Nusantara

MI/Benny B
 MI/Benny B
 

VAKSINASI massal bagi berbagai sasaran di Kecamatan Cikalongkulon, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, dipusatkan di Kantor Desa Cinangsi, Kamis (17/6). Teregistrasi setidaknya 437 orang sasaran yang mendaftar mengikuti vaksinasi.

Kepala Puskesmas Cijagang, Dasep Sumawiharja, menjelaskan vaksinasi massal bagi warga Kecamatan Cikalongkulon merupakan dosis pertama. Dari sasaran sebanyak 437 orang, hingga Kamis siang yang sudah menjalani vaksinasi baru sekitar 158 orang.

"Sasarannya lansia, masyarakat umum, serta pelayan publik," kata Dasep kepada Media Indonesia, Kamis (17/6).

Untuk lansia sendiri, sebut Dasep, belum terdata secara rinci jumlahnya. Pelaksanaan vaksinasi massal melibatkan tim vaksinator dari Puskesmas Cikalongkulon dan Puskesmas Cijagang. "Yang lansia belum terekap. Itu kan sistemnya online. Jadi kami belum tahu
jumlah yang lansia," sebutnya.

Baca Juga: Dunia Usaha Dukung Program Vaksinasi untuk Putus Penyebaran Covid-19

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur, Irvan Nur Fauzy, mengatakan secara umum beberapa sasaran yang merupakan penerima vaksinasi covid-19 di Kabupaten Cianjur sudah hampir rampung. Ia mencontohkan sasaran pelayan publik yang cakupannya sudah mencapai kisaran 75%. "Bahkan untuk guru sudah mencapai 80%," terang Irvan.

Saat ini yang masih terus dipercepat cakupannya yaitu kalangan lanjut usia. Sejauh ini cakupannya masih relatif rendah. "Baru sekitar 5% cakupan untuk lansia," kata Irvan.

Percepatan vaksinasi terus dilakukan Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur. Salah satunya dengan melaksanakan vaksinasi massal. "Kalau melihat trennya, sepanjang 2021 kita akan terus gencarkan
vaksinasi," ungkap Irvan. (BB/BK/OL-10)

BERITA TERKAIT