17 June 2021, 23:13 WIB

Bawa 25 Kg Sabu, Taufik Hidayat Divonis Hukuman Mati


Dwi Apriani | Nusantara

MI/Dwi Apriani.
 MI/Dwi Apriani.
Kegiatan rilis ungkap kasus penangkapan Taufik Hidayat, 47, tersangka yang menjadi kurir narkoba 25 kilogram sabu di Mapolda Sumsel.

SEORANG kurir sabu, Taufik Hidayat, 47, divonis hukuman mati dalam sidang putusan di Pengadilan Negeri Palembang, Kamis (17/6). Taufik merupakan terdakwa yang sebelumnya ditangkap Polda Sumsel karena membawa sebanyak 25 kilogram sabu.

"Menjatuhkan pidana mati untuk terdakwa Taufik Hidayat. Yang memberatkan karena terdakwa mengetahui barang yang dibawanya itu adalah narkoba," tegas mejelis hakim yang dipimpin Wakil Ketua PN Palembang, Ema Suharti dalam sidang yang digelar secara virtual.

Ketiga majelis hakim secara bulat menilai perbuatan para terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melanggar Pasal 114 ayat 2 UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Hal ini setelah sidang digelar mulai dari terdakwa, saksi, hingga alat bukti yang dihadirkan.

"Berdasarkan keterangan saksi-saksi dan fakta-fakta persidangan hakim menilai perbuatan terdakwa memenuhi unsur dalam Pasal 114 ayat 2," kata majelis.

Baca juga: Polisi Banjarmasin Gagalkan Penyelundupan Sabu lewat Sungai

 

Sebelumnya, Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasi Penkum) Kejati Sumsel, Khaidirman, mengatakan Taufik dinilai bersalah melanggar Pasal 114 ayat 2 UU Narkotika. Dia juga menilai Taufik pantas dihukum mati karena banyaknya sabu yang didapat saat penangkapan. (OL-14)

BERITA TERKAIT