27 May 2021, 16:31 WIB

Dermaga Danau Kandi Sawahlunto Ambruk, Lima Meninggal saat Swafoto


Yose Hendra | Nusantara

DOK MI.
 DOK MI.
Ilustrasi.

MALAPETAKA terjadi di objek wisata Danau Kandi, Kota Sawahlunto, Rabu (26/5). Lima wisatawan meninggal karena tenggelam akibat ambruknya salah satu dermaga di danau itu.

Para wisatawan ini merupakan satu keluarga yang berasal dari Kelurahan Lubang Panjang, Kecamatan Barangin, Kota Sawahlunto. Total rombongan keluarga tersebut berjumlah 14 orang.

Menurut Kasat Reskrim Polres Sawahlunto, Iptu Roy Sinurat, peristiwa ambruknya dermaga terjadi sekitar pukul 18.00 WIB. Delapan orang diketahui hendak berswafoto di dermaga.

"Pengunjung melakukan kegiatan berfoto, jatuh delapan orang. Tiga selamat, lima orang dinyatakan tenggelam hingga meninggal," kata Roy, Kamis (27/5).

Roy mengungkapkan, untuk tiga korban yang selamat mengalami luka-luka. Terkait penyebab ambruknya dermaga, pihaknya masih melakukan penyelidikan. "Pihak-pihak terkait seperti pengelola camping ground sudah diambil keterangan," jelasnya.

Pascainsiden itu, pihak kepolisian telah menutup kawasan objek wisata tersebut. Hal ini ditegaskan Kapolres Sawahlunto Ajun Komisaris Besar Junaidi Nur.  "Kami tutup. Sampai kapan akan kami koordinasikan," tegasnya.

Junaidi menambahkan peristiwa ambruknya dermaga terjadi di luar jam operasional. Tempat wisata Danau Kandi buka hanya dari pukul 08.00 sampai 17.00.

Baca juga: Tenggelam 20 Jam Leonard Ditemukan Selamat

 

"Di luar jam operasional tidak diawasi lagi oleh pengelola, kan hanya sampai pukul 17.00 WIB. Wisatawan ini datang untuk selfie di dermaga," sambungnya. (OL-14)

 

BERITA TERKAIT