18 May 2021, 22:42 WIB

Pastikan Arus Balik Sehat, Penumpang Kapal Dirapid Antigen Ulang


Solmi | Nusantara

MI/Solmi
 MI/Solmi
Seorang penumpang KM Kurnia II di-rapid antigen ulang di Pelabuhan Kuala Tungkal, karena dokumen kesehatannya kedaluarsa.

UNTUK memastikan kesehatan masyarakat pada masa arus balik pascalebaran, kesehatan penumpang kapal cepat (speed boat) yang hendak bertolak dari Jambi menuju Batam (Kepulauan Riau) dan sebaliknya melalui Pelabuhan Kuala Tungkal, Kabupaten Tanjungjabung Barat, Selasa (18/5) diperiksa ketat. Bahkan secara random sebagian di-rapid antigen ulang.

''Kita menginginkan, masyarakat yang bepergian pada masa arus balik ini dipastikan sehat. Protokol kesehatan diterapkan secara ketat. Sebagian dari penumpang di-rapid antigen ulang, lantaran dokumen yang mereka sodorkan tidak memenuhi syarat, sudah kedaluarsa,'' kata Wadan Satgas Covid-19 Kabupaten Tanjungjabung Barat, Ajun Komisaris Besar Guntur Saputro.

Guntur menjelaskan, piranti rapid antigen yang dilakukan oleh tim medis, Selasa itu tersedia untuk 300 orang. Merupakan bantuan dari Polda Jambi dan Pemerintah Kabupaten Tanjungjabung Barat.

Baca Juga: Bus Tujuan Palembang Dipaksa Putar Kepala di Perbatasan Jambi-Riau

"Sasaran utama kita adalah penumpang yang surat keterangan rapid antigennya sudah kedaluarsa. Dari pemeriksaan, termasuk suhu badan para penumpang, pemudik yang menggunakan jasa angkutan laut dan sungai di pesisir timur Jambi ini masih terpantau sehat. Alhamdulillah,'' sebut Guntur yang juga menjabat Kepala Polres Tanjungjabung Barat.

Sebagian pemudik yang hanya mengandalkan dokumen rapid antigen kedaluarsa, ditemukan Guntur pada penumpang kapal cepat KM Kurnia II, yang Selasa siang hendak bertolak ke Batam dengan membawa 65 penumpang.

Selain memastikan kesehatan penumpang, melalui giat patroli dialogis yang dilakukan jajaran Polres Tanjungjabung Barat bersama tim gabungan, sekaligus bertujuan mengantisipasi ancaman penyelundupan barang, benur, narkoba, serta mobilitas teroris dan pemaham radikal. (SL/OL-10)

BERITA TERKAIT