16 May 2021, 15:41 WIB

Pasca Libur Idul Fitri, Buruh/Pekerja Wajib Ikut Rapid Antigen


mediaindonesia.com | Nusantara

MI/Apul Iskandar
 MI/Apul Iskandar
  

LABOR Institute Indonesia atau Institute Kebijakan Alternatif Ketenagakerjaan Indonesia mengimbau para pekerja/buruh yang mudik perlu menjalani rapid antigen. Hal ini guna mencegah penyebaran covid-19 dan menghindari terbentuknya klaster pabrik di tempat kerja sebagai dampak mudik Idul Fitri 1442 H.

Sekretaris Eksekutif Labor Institute Indonesia Andy William Sinaga memprediksi ribuan buruh lolos mudik menggunakan sepeda motor dengan tujuan beberapa kota di Pulau Jawa. Apalagi sebagian besar para buruh tersebut belum mendapatkan Vaksin covid-19.

"Labor Institute Indonesia memprediksi akan terbentuk klaster pabrik di kawasan industri di Jakarta, Bekasi, Subang, Karawang, dan Tangerang, apabila rapid test antigen tidak dilakukan sebelum para buruh tersebut melakukan aktivitas Senin, 17/5, besok", kata Andy dalam keterangan tertulisnya, Minggu (16/5).

Andy mengusulkan agar pelaksanaan rapid antigen yang nantinya akan dilaksanakan kepada buruh/pekerja tersebut difasilitasi oleh para pengusaha.

"Hal ini untuk memastikan kesahihan kondisi kesehatan para pekerja/buruh tersebut sebelum melakukan proses produksi di tempat kerjanya," ujarnya. (AP/OL-10)

BERITA TERKAIT