16 May 2021, 10:00 WIB

Pemkab Pangandaran Tutup Semua Obyek Wisata Mulai Hari ini


Kristiadi | Nusantara

MI/Adi Kristiadi
 MI/Adi Kristiadi
Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Pangandaran menutup obyek wisata di wilayahnya mulai hari ini, Minggu (16/5)

PEMERINTAH Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat menutup seluruh kawasan obyek wisata terhitung mulai Minggu (16/5) pukul 00.00 WIB sampai batas waktu yang akan diumumkan. Hal ini dilakukan setelah terjadi lonjakan pengunjung di beberapa wisata yang abaikan protokol kesehatan (Prokes).

Penutupan destinasi wisata di Pangandaran dilakukan untuk seluruh kawasan mulai wisata Pantai Karapyak, Karang Nini, Batu Karas, Batu Hiu, Green Canyon, Pantai Pasir putih, Pantai Madasari, Curug Citumang, Cukang Taneuh, Batu Lumpang Garden, Gua Sinjang Lawang, dan yang lainnya.

Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Pangandaran, Suheryana mengatakan, seluruh kawasan objek wisata di Pangandaran ditutup sementara. Lantaran, pengunjung membludak tapi tidak mematuhi protokol kesehatan dan mereka berkerumun, tidak menjaga jarak antar satu dengan yang lain.

"Membludaknya pengunjung membuat mereka tidak menerapkan protokol kesehatan dan tim gabungan TNI, Polri, Satpol PP, Dishub, BPBD telah melakukan penyekatan agar pengunjung tidak masuk lokasi wisata. Kendaraan pribadi dan sepeda motor yang hendak masuk diputar balik ke wilayah asal, karena pandemi Covid-19 masih belum teratasi," katanya, Minggu (16/5/2021).

Sementara, Kepala Disparbud Jawa Barat, Dedi Taufik mengatakan, penutupan kawasan wisata Pangandaran dilakukan setelah adanya keputusan dari hasil rapat koordinasi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat dan Kabupaten Pangandaran. Penutupan sementara sampai dengan waktu yang tidak ditentukan sebagi upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

"Penutupan tempat wisata Batu karas dimulai pukul 00.00 WIB dan penyekatan dilakukannya di kawasan Kalipucang, gerbang Pangandaran secara ketat untuk mengontrol kedatangan wisatawan. Karena, sejak kemarin kunjungan ke lokasi terjadi peningkatan dan tidak sedikit para pengunjung abaikan protokol kesehatan hingga petugas gabungan membubarkannya," katanya.

Selain itu, jelas dia, Gubernur Jabar, Ridwan Kamil mengintruksikan untuk menutup akses menuju objek wisata Pangandaran dan Ciwidey. Karena, telah terjadi penumpukan pengunjung. "Jadi wisatawan yang masuk ke wilayahnya oleh petugas Satgas Penanganan Covid-19 akan tolak dan diminta putar balik," tegasnya. (OL-13)

Baca Juga: Mahasiswa asal Sukabumi Terancam Hukuman Mati

 

BERITA TERKAIT