10 May 2021, 09:15 WIB

Kasus Aktif Covid-19 di Klaten Tembus 8.065 Orang


Djoko Sardjono | Nusantara

Ilustrasi
 Ilustrasi
Covid-19

KASUS aktif covid-19 di Klaten, Jawa Tengah, Minggu (9/5), bertambah 47 orang. Namun, kali ini terdapat 10 pasien sembuh dan tiga orang meninggal dunia.

Sementara itu, total kasus terkonfirmasi positif tembus 8.065 orang. Dari jumlah itu, 7.188 orang sembuh, 529 meninggal dunia, dan 348 menjalani perawatan.

Penambahan 47 kasus aktif, sebanyak 15 orang di antaranya kontak erat, dua tertular di luar daerah, dan 30 orang lainnya diduga terpapar saat beraktivitas di Klaten.

"Kami laporkan, penambahan kasus positif baru berasal dari 15 kecamatan," kata Koordinator Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19 Cahyono Widodo, Minggu (9/5).

Kali ini, lanjut Cahyono, penambahan 47 kasus terkonfirmasi positif terpapar covid-19 terbanyak dari wilayah Kecamatan Trucuk, yakni sebanyak delapan orang.

Baca juga: Kasus Aktif Covid-19 di Klaten Kembali Naik

Kemudian, pasien positif 10 orang yang dinyatakan sembuh, sebelumnya mereka menjalani perawatan di rumah sakit dan isolasi mandiri di bawah pengawasan tim medis.

"Sekalipun sudah sembuh, mereka tetap diharuskan untuk isolasi di rumah minimal tujuh hari. Tujuannya, agar pasien yang baru sembuh itu benar-benar sehat," tuturnya.

Di sisi lain, tiga orang yang meninggal dunia, satu terkonfirmasi positif dan dua lainnya pasien dalam perawatan. Ketiga orang itu warga Kecamatan Tulung dan Delanggu.

Kasus covid-19 di Klaten belum mereda. Karena itu, Cahyono mengimbau masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dan berperilaku hidup bersih dan sehat.(OL-5)


 

BERITA TERKAIT