07 May 2021, 18:34 WIB

Pemprov Sulteng Batalkan Program Mudik Gratis


M Taufan SP Bustan | Nusantara

ANTARA
 ANTARA
Spanduk imbauan jangan mudik.

PEMERINTAH Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tengah membatalkan program mudik gratis yang biasanya dilaksanakan seminggu menjelang perayaan hari raya Idul Fitri. Pembatalan itu berdasarkan larangan mudik oleh pemerintah.

"Karena bertentangan dengan surat edaran maka secara otomatis program mudik gratis tahunan itu dibatalkan," kata Kepala Bidang Angkutan Jalan, Keselamatan dan Perkeretaapian Dinas Perhubungan (Dishub) Pemprov Sulteng, Sumarno, Jumat (7/5).

Ia mengatakan, pembatalan tersebut berdasarkan acuan larangan mudik yang dikeluarkan pemerintah pusat dan ditindaklanjuti dengan surat edaran Gubernur Sulteng, Longki Djanggola nomor: 550/369/Dis.hub tentang pengedalian transportasi selama masa Idul Fitri dalam rangka pencegahan penyebaran korona.

Menurut Sumarno, pembukaan pendaftaran mudik gratis yang sempat direncanakan awal Mei 2021 telah dibatalkan. Adapun larangan mudik mulai berlaku sejak 6 hingga 17 Mei 2021. Sebelumnya, Dishub Sulteng, belum bisa mengambil keputusan karena harus terlebih dahulu menghadap kepada gubernur.

Sumarno menambahkan, Pemprov Sulteng melalui Dishub sempat memprogram mudik gratis 2021 setelah ditiadakan pada 2020 karena mengamati situasi pandemi korona yang mulai menurun di daerah ini.  

Selain itu, meningkatnya kesadaran dan ketaatan masyarakat menerapkan protokol kesehatan menjadi pertimbangan utama. "Karena sudah menurun kasusnya dan sudah ada vaksin makanya sempat diagendakan. Meski begitu pemerintah pusat ternyata melarang adanya aktivitas mudik," tandasnya. (OL-15)

BERITA TERKAIT