24 April 2021, 17:39 WIB

Atraksi Budaya Di Candi Prambanan Akan Ditingkatkan


Ardi Teristi | Nusantara

DOK MI
 DOK MI
Sebuah acara di Candi Prambanan, Yogyakarta.  

DIRJEN Kebudayaan Kemendikbud Hilmar Farid menyampaikan atas arahan Presiden Joko Widodo, Kemendikbud diminta lebih mengembangkan dan  memanfaatkan kawasan Candi Prambanan. Hal tersebut disampaikan usai pertemuan dengan Gubernur DIY, Sri Sultan HB X, Jumat (23/4) malam.

"Jadi tadi diskusi dengan Ngarsa Dalem dan Pak Dirut TWCBPRB (Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko), kira-kira kegiatannya apa saja yang bisa dilakukan. Kita bahas semua kemungkinan kemungkinannya. Namun yang jelas semuanya akan tetap berbasis budaya," terang dia.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah meningkatkan daya tarik wisata. Misalnya atraksi wisata ditingkatkan. "Mudah-mudahan dalam tahun ini bisa terlaksana," kata dia seraya berharap pandemi Covid-19 segera usai agar geliat pariwisata dan kegiatan dapat hidup kembali.

Di sisi lain, Sekretaris Daerah DIY, Kadarmanta Baskara Aji menambahkan, pengembangan potensi wisata di Kawasan Candi Prambanan dapat ditingkatkan dengan menambah varian kesenian tradisional yang ditampilkan. "Rencana pengembangan jangka pendeknya adalah mengisi kekosongan, terutama di panggung terbuka," papar dia.

Ia menyampaikan, kalau sekarang pertunjukan yang ada di sana masih sangat tradisional sehingga peminatnya hanya kalangan tertentu. "Kita akan coba kembangkan untuk meningkatkan minat kalangan muda yang selama ini sudah bolak-balik menikmati pementasan Ramayana atau Rara
Jonggrang. Kita akan coba kembangkan dari sisi itu," jelas Baskara Aji.

Rencana jangka pendeknya adalah membuat kajian yang dapat memaksimalkan seluruh potensi yang ada di Kawasan Candi Prambanan. Kawasan Prambanan, Candi Ijo, dan Nglanggeran akan dibuat terhubung.

Direktur Utama PT TWCBPRB, Edy Setijono menambahkan pihaknya memiliki program integrated tourism masterplan. Salah satu rencananya adalah pengembangan Kawasan Prambanan dan Jogja. "Kami siap berkolaborasi dan bersinergi. Supaya apa yang telah ada di kami bisa lebih dimaksimalkan lagi," tutup Edy. (OL-15)

BERITA TERKAIT