20 April 2021, 11:42 WIB

Jembatan Bailey Rampung, Warga Adonara Kembali Beraktivitas


Gabriel Langga | Nusantara

MI/Gabriel Langga
 MI/Gabriel Langga
Warga menggunakan sepeda motor melintas di jembatan bailey dibangun oleh Satgas Zeni TNI AD di Adonara, Flores Timur, Selasa (20/2/2021).

JEMBATAN bailey yang dibangun oleh Satgas Zeni TNI AD yang menghubungkan Desa Waiburak dan Kelurahan Waiwerang telah selesai dikerjakan dan diresmikan Jumat (16/4) di Pulau Adonara, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur. Aativitas warga kembali normal pascabanjir bandang.

Saat banjir bandang yag terjadi Minggu (4/4), jembatan menghubungkan Desa  Waiwerang-Waiburak di Kecamatan Adonara Timur putus tersapu arus Sungai Waimatan yang meluap. Jembatan tersebut memiliki panjang 12 meter dan lebar 5 meter dan bisa dilintasi kendaraan roda dua dan roda empat dengan kapasitas beban maksimal 10 ton.

baca juga: Unika Santu Paulus Ruteng Bantu Korban Banjir Bandang

Tinus, warga Waiwerang mengaku senang dengan hadirnya jembatan bailey ini karena ia dan warga lainnya bisa beraktivitas.

"Jembatan ini putus dihajar banjir bandang kemarin. Tetapi sekarang sudah dikerjakan oleh TNI AD. Jadi mobil dan motor sekarang sudah bisa lewat," kata Tinus, Selasa (20/4).

Sementara itu, Danramil 1624-02 Adonara, Kapten Inf Achmad Satyadi Jatmika berharap dengan dibangunnya jembatan oleh TNI diharapkan aktivitas masyarakat kembali berjalan normal.

"Kita harap ekonomi masyarakat pulih pascabencana banjir bandang dengan kehadiran jembatan ini," kata Achmad Satyadi. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT