20 April 2021, 11:07 WIB

Polresta Surakarta Latihan Pengoperasian Alat Road Blocker


Widjajadi | Nusantara

MI/Widjajadi
 MI/Widjajadi
Personel Sabhara dan Lalu Lintas berlatih mengoperasikan ranjau paku untuk antisipasi balap liar yang merebak di Kota Solo 

MARAKNYA balap liar di jalan raya di sejumlah ruas jalan di Kota Solo pada tengah malam membuat Polresta Surakarta membuat antisipasi untuk pengamanan. Guna efektivitas penanganan Sat Sabhara Polresta melatih anggotanya membiasakan penggunaan alat Road Blocker (stinher spike system) atau ranjau paku.

"Road Blocker ini sebenarnya merupakan alat  untuk menghentikan pelaku kejahatan yang menxoba melarikan diri saat dikejar di jalan. Kita akan terapkan alat ini untuk menghentikan aksi balapnliar yang sudah meresahkan masyarakat," tukas Kasat Samapta Polresta Surakarta, Kompol Sutoyo mewakili Kapolresta Kombes Ade Safri Simanjuntak di sela sela pelatihan menggunakan Roal Blocker, di halaman Mako I, Selasa (20/4).

Bentuk alat menghambat laju kendaraan bermotor di jalan raya ini menyerupai ranjau paku besi. Cara kerja alat ini adalah mengempiskan atau meledakkan ban kendaraan, hingga bocor dan tekanan angin habis.

Dengan pelatihan penggunaan alat ranjau paku itu, anggota Sabhara akan lebih sigap saat melaksanakan operasi di jalan, khususnya dalam menghentikan aksi balap liar, atau saat menghadang atau mengejar pelaku pidana yang mencoba melarikan diri dengan kendaraan di jalan raya.

Lebih jauh dipaparkan Sutoyo, tugas Sabhara tidak lepas dari pengaturan, patroli, penjagaan, pengamanan hingga tim reaksi cepat urai massa.

"Personel Sabhara terdepan untuk mengatasi bentuk tindakan kejahatan. Salah satunya dengan peningkatan kemampuan sumber daya manusia (SDM)," imbuh dia.

baca juga: Polisi Masih Selidiki Motif Upaya Pembegalan Anak Bupati Brebes

Terkait balap liar yang sudah meresahkan masyarakat belakangan ini, Sutoyo mengatakan  pelatihan pegoperasian road blocker, jiga untuk personel Lalu Lintas.

"Kami yakini, dengan pengoperasian alat ini saat operasi atau patroli, bisa mengikis aksi balap liar yang meresahkan itu," pungkasnya. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT