19 April 2021, 06:21 WIB

Ikadiyata Berwisata Sambil Antar Sembako Bagi Umat Muslim di Sikka


Gabriel Langga | Nusantara

MI/Gabriel Langga
 MI/Gabriel Langga
Anggota Ikadiyata mengantarkan bantuan bagi warga terdampak banjir rob di Pulau Kojadoi sambil berwisata.

NAMA Ikadiyata (Ikatan Alumni Mardi Wiyata) tidak asing lagi bagi kalangan warga Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT). Pasalnya, di awal-awal pandemi covid-19, mereka sangat aktif melaksanakan kegiatan sosial seperti memberikan bantuan sembako, masker, dan hand sanitizer bagi warga kurang mampu.

Kali ini, para alumni SLTPK Frater Maumere angkatan 94 yang tergabung dalam Ikadiyata melakukan wisata di wilayah kepulauan. Bukan sekadar menikmati indahnya laut Teluk Maumere, mereka juga mengantarkan bantuan sembako bagi warga muslim yang terdampak banjir rob, tepatnya di
Pulau Kojadoi, Desa Kojadoi, Kecamatan Alok Timur, Minggu (18/4).

Ketua Ikadiyata Maumere Yohanes Thio Pastilo mengatakan pihaknya bersama teman-teman lainnya, kali ini, mengunjungi beberapa tempat wisata yang ada di wilayah kepulauan seperti di Pulau Kojadoi dan Pangabatang.

Baca juga: Pesan Kerukunan Mahasiswa Nusantara di DIY Lewat Berbagi Takjil

Dikatakannya, pihaknya tidak saja berwisata menikmati eksotis bahari. Pihaknya juga mengantarkan bantuan sembako bagi warga muslim yang terdampak banjir rob yang ada di Pulau Kojadoi.

"Tadi juga kita antar bantuan sembako. Bantuan sembako ini kita serahkan langsung kepada Kepala Desa Kojadoi. Nantinya, bantuan itu akan diserahkan kepada warganya yang terdampak banjir rob," ungkap dia.

Dia juga berharap bantuan yang diberikan itu dapat meringankan warga yang terdampak banjir rob.

Usai menyerahkan bantuan sembako itu, ungkap Pastilo, dirinya dan teman-temannya menikmati wisata yang ada di Pulau Kojadoi. Desa Kojadoi ini pernah meraih Indonesia Sustainable Tourism Award pada 2019 dari Kementerian Pariwisata.

"Salah satu objek wisata khas dan unik yang ada di Pulau Kojadoi ini adalah jembatan alami penghubung Pulau Besar dan Pulau Kojadoi. Selain itu juga ada bukit batu purba yang kita bisa naik dan melihat seluruh keindahan yang ada di wilayah ini," tandas dia.

Sementara itu, Kepala Desa Kojadoi Hanawai mengucapkan banyak terima kasih kepada Ikadiyata yang telah membantu warganya yang terdampak banjir rob.

"Bantuan yang diberikan ini, saya akan membagikan kepada warga-warga yang terdampak banjir rob. Atas nama Pemdes Kojadoi, saya ucapkan terima kasih," pungkas dia. (OL-1)

BERITA TERKAIT