16 April 2021, 14:55 WIB

Banjir Bandang Lumpuhkan Akses Jalan Nasional di Kerinci


Solmi | Nusantara

MI/Solmi Suhar.
 MI/Solmi Suhar.
Banjir di Kerinci, Jambi.

BANJIR bandang becampur material berbatu melumpuhkan akses kendaraan di ruas jalan nasional yang menghubungkan Kabupaten Merangin dengan Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi, sepanjang malam hingga Jumat pagi (16/4).

Berdasarkan informasi dihimpun Media Indonesia, banjir lumpur berbatu secara silmutan manimbun jalan nasional di Desa Serpih, Kecamatan Batang Merangin, Kerinci, semenjak pukul 18.00 WIB, Kamis (15/4).

Karena ruas jalan penuh timbunan lumpur dan serpihan batu yang longsor dari tebing bukit, hampir semua jenis kendaraan bermotor tidak bisa melintas. Kondisi itu menyebabkan antrean panjang mobil angkutan barang dan orang yang melintas dari dua arah Kabupaten
Merangin-Kerinci.

Baca juga: 152 Rumah Warga Kabupaten Kupang Hanyut Terbawa Banjir
 

Menurut Kepala Kecamatan Batang Merangin Heri Cipta, warga bersama aparat kepolisian dan TNI sudah berusaha membuka akses jalan untuk mengurai kemacetan. Namun tidak berhasil karena banyaknya material menimbun badan jalan.

Setelah datangnya bantuan tenaga dan peralatan dari BPBD dan Dinas PU Kerinci, Jumat pagi, timbunan material yang menimbun badan jalan nasional mulai dibersihkan. Alhasil, antrean kendaraan yang mengular dari dan menuju arah Kerinci terurai.

Akses jalan nasional juga terjadi di kawasan Siulak Deras, Kecamatan Gunung Kerinci. Akibat terendam banjir sepanjang Rabu malam hingga Kamis pagi, ruas jalan nasional yang menghubungkan Kerinci (Jambi)-Sumatra Barat tidak bisa dilintasi kendaraan bermotor. (OL-14)

BERITA TERKAIT