10 April 2021, 05:35 WIB

Sambut Ramadan Wali Kota Tegal Minta Warga tidak Sahur On the Road


Supardji Rasban | Nusantara

MI/Supardji Rasban.
 MI/Supardji Rasban.
 Wali Kota Tegal, Jateng, Dedy Yon Supriyono. 

WALI Kota Tegal, Jawa Tengah, Dedy Yon Supriyono meminta masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penularan covid-19 dalam pelaksanaan ibadah saat Ramadan 1442 H.     

"Saya minta masyarakat untuk menggunakan masker bila di luar rumah. Lakukan physical distancing serta cuci tangan dengan sabun yang disediakan di masjid dan musala," ujar Dedy, Jumat (9/4). Dedy mengingatkan agar saat sahur dan buka puasa dilakukan di rumah, tidak perlu sahur on the road ataupun kegiatan buka bersama yang mengundang banyak orang.

Hal tersebut sesuai Surat Edaran Kemenag Nomor 03 Tahun 2021. "Sahur dan buka puasa bersama hanya boleh paling banyak 50% kapasitas ruangan dan hindari kerumunan," ucap Dedy.

Dedy juga meminta terkait kegiatan di masjid/musala paling banyak 50% kapasitas, menerapkan protokol kesehatan, serta membawa sajadah dan mukena masing-masing. "Kemudian pengajian/ceramah/tausiyah/kultum Ramadan dan kuliah subuh paling lama dengan durasi 15 menit. Pengurus dan pengelola masjid/musala harus menerapkan protokol dan melakukan disinfektan secara teratur.

Kata Dedy, vaksinasi covid-19 dalam rangka ikhtiar agar tidak tertular virus tersebut dapat dilakukan pada Ramadan sesuai fatwa MUI Nomor 13 Tahun 2021. Sedangkan kegiatan pengumpulan dan penyaluran zakat, infaq, dan sedekah (ZIS) memperhatikan protokol kesehatan dan menghindari kerumunan massa. (OL-14)

BERITA TERKAIT