08 April 2021, 17:07 WIB

3.575 Paket Bantuan Presiden Jokowi Tiba di Lembata


Alexnder P Taum | Nusantara

MI/Alexander.
 MI/Alexander.
Paket bantuan dari Presiden tiba satu hari sebelum Jokowi tiba di Lembata besok.

SEBANYAK 3.575 paket bantuan kemanusiaan dari Presiden Joko Widodo, Kamis (8/4), pukul 08.00 Wita, tiba di pelabuhan laut Lewoleba, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur. Paket bantuan kemanusiaan untuk korban banjir bandang dan longsor di Kabupaten Lembata itu diangkut KRI Oswald Siahaan.

Kedatangannya satu hari sebelum kedatangan presiden RI, Joko Widodo ke Lembata. Presiden Jokowi dijadwalkan akan mengunjungi korban bencana banjir bandang di di Lembata, Jumat (9/4).

Selain bantuan dari Presiden, kapal itu membawa serta bantuan kemanusiaan dari Oase dan Dharma Pertiwi sebanyak 3.000-an paket dan bantuan dari TNI AL sebanyak 2.700 paket. Ribuan paket bantuan tersebut diserahkan secara simbolis dari Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) VII Laksamana Pertama (Laksma) IG Kompiang Aribawa kepada Bupati Lembata Eliaser Yentji Sunur untuk diberikan kepada para korban bencana.

Baca juga: Presiden Dijadwalkan Berada di Lembata Besok
 
Kepada wartawan, Danlantamal VII Laksma TNI IG Kompiang Aribawa mengatakan selain KRI Oswald Siahaan yang membawa ribuan paket bantuan, ada pula KRI Ahmad Yani yang akan membawa pasukan untuk membantu dan merehabilitasi masyarakat terdampak banjir dan longsor. "Kami bertahan di sini sampai masa penanggulangan bencana di dua titik ini dinyatakan usai," kata Aribawa, komandan Satgas Penanggulangan Bencana TNI AL.

Kata dia, KRI Oswald Siahaan bergerak dari Kota Maumere menuju dua titik lokasi bencana yakni Kabupaten Lembata dan Pulau Adonara, Kabupaten Flores Timur. "Kami sedang menurunkan bantuan untuk di Lembata. Semoga dapat meringankan penderitaan warga yang terdampak bencana ini," katanya. (OL-14)

BERITA TERKAIT