23 March 2021, 11:16 WIB

KPU Kalimantan Selatan Mulai Persiapkan PSU


Denny Susanto | Nusantara

MI/M Irfan
 MI/M Irfan
Ketua Majelis Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman mengetuk palu seusai membacakan putusan sidang sengketa Pilgub Kalsel

PASCAputusan Mahkamah Konstitusi dalam sengketa (PHPU) Pemilihan Gubernur Kalimantan Selatan yang memutuskan pemilihan suara ulang (PSU) di sejumlah wilayah, Komisi Pemilihan Umum Daerah Kalsel mulai melakukan persiapan penyelenggaraan PSU. Hal ini dikemukakan Ketua KPUD Kalsel, Sarmuji, Selasa (23/3).

"Pasca putusan MK kita mulai persiapkan pelaksanaan PSU," ungkapnya.

Dalam sidang putusan sengketa Pilgub Kalsel yang digelar MK, beberapa waktu lalu MK memenangkan sebagian gugatan paslon 02 Denny Indrayana-Difriadi Darjat. Hakim MK memutuskan harus dilakukan PSU pada tiga dari lima wilayah yang menjadi materi gugatan paslon 02.

MK memutuskan PSU pada Kecamatan Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin, lima kecamatan di Kabupaten Banjar meliputi Sambung Makmur, Aluh Aluh, Martapura, Mataraman dan Astambul. Serta PSU pada 24 TPS di Kecamatan Binuang, Kabupaten Tapin.

baca juga: MK Putuskan Pemumgutan Suara Ulang Pilgub Kalsel 

Sementara pada sidang PHPU untuk Pilkada Walikota Banjarmasin, MK juga memutuskan dilaksanakannya PSU pada tiga kelurahan di Kota Banjarmasin yaitu Mantuil, Murung Raya dan Basirih Selatan yang berada di wilayah Kecamatan Banjarmasin Selatan.

Pantauan mediaindonesia.com di lapangan, masyarakat yang bermukim di wilayah PSU di Kalsel tidak terlalu antusias menanggapi akan digelarnya PSU di wilayah mereka. (OL-3)


 

BERITA TERKAIT