20 March 2021, 11:45 WIB

Pemkab Sikka belum Berani Lelang Proyek dari Dana Pinjaman 2021


Gabriel Langga | Nusantara

MI/Gabriel Langga
 MI/Gabriel Langga
Sekda Kabupaten Sikka, Alvian Parera

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT) menegaskan tidak berani melakukan pelelangan paket proyek yang bersumber dari dana pinjaman PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) meski sejumlah paket proyek itu sudah dimasukan dalam postur APBD 2021. Hal itu disampaikan Sekda Kabupaten Sikka Alvian Parera kepada mediaindonesia.com, Sabtu (20/3) pagi.

Ia mengatakan ada 135 paket proyek di Kabupaten Sikka yang dibiayai dana pinjaman meski dana pinjaman itu belum diberikan dari PT SMI.

Dirinya mengaku tidak ada masalah proyek yang dibiayai melalui dana pinjaman itu masuk dalam postur APBD 2021.

Baca juga: PUPR Berikan Bantuan PSU 1.816 Unit Rumah di Sulawesi Utara

"Seluruh proyek yang alokasinya bersumber dari pinjaman untuk sementara kita belum berani lelang meski sudah ada dalam APBD 2021. Dana belum masuk di kas daerah, siapa yang berani mau lelang. Prinsipnya dana pinjaman masuk di kas daerah, baru kita lelang. Selagi dana pinjaman itu belum masuk, kita belum berani lelang proyeknya," tandas dia.

Terkait proses ajukan pinjaman daerah, Alvian menjelaskan ada 15 syarat yang harus dipenuhi. Dari 15 syarat itu, ada dua syarat lagi yang harus dipenuhi Pemkab Sikka yakni pertimbangan dari Kementerian Dalam Negeri dan izin pelaporan devisit dari Kementerian Keuangan.

"Tinggal dua syarat yang harus dipenuhi dari 15 syarat itu. Surat penyampaikan kita sudah kepada dua kementerian itu. Kita menunggu surat balasan dari dua kementerian itu. Tetapi sekarang pak Bupati Sikka lagi ke Jakarta untuk bertemu dengan dua kementerian itu," tandas dia.

Alvian sangat optimistis akan mendapatkan dana pinjaman dari PT SMI sebesar Rp218 miliar lebih. Hal ini dikarenakan semua proses telah dilewati.

"Sejauh ini, saya masih optimis mendapatkan dana pinjaman. Kan tinggal dua syarat lagi. Tinggal dua syarat ini siap dipenuhi Pemkab Sikka. Jadi sejauh ini sangat optimis bisa mendapatkan dana pinjaman untuk pembangunan di Kabupaten Sikka," pungkas dia (OL-1)

BERITA TERKAIT