18 March 2021, 16:43 WIB

Presiden Harap Kolam Nipa-Nipa di Makassar Dapat Kurangi Banjir


Andhika Prasetyo | Nusantara

Medcom.id.
 Medcom.id.
Ilustrasi.

PRESIDEN Joko Widodo meresmikan Kolam Nipa-Nipa di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (18/3). Infrastruktur yang memiliki luas 83 hektare (ha) dengan kapasitas tampung 2,7 juta meter kubik itu memiliki fungsi utama sebagai pengendali banjir di kawasan tersebut.

"Ini sangat luas sekali, hampir mirip dengan waduk. Volume tampungnya 2,7 juta meter kubik sehingga ini bisa mengurangi banjir," ujar Jokowi di Makassar.

Kepala negara berharap kolam yang dibangun dengan biaya sebesar Rp320 miliar itu bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan daya dukung dan kemajuan Sulawesi Selatan. Pemerintah pusat saat ini sedang membangun banyak infrastruktur di Sulawesi Selatan demi mendukung pengembangan kawasan.

Selain Kolam Nipa-Nipa dan Bandara Toraja yang tadi pagi juga baru diresmikan, ada juga beberapa waduk dan Makassar New Port yang diproyeksikan menjadi pusat pelabuhan di Indonesia bagian timur. "Saya mendorong Menteri Perhubungan dan Menteri BUMN untuk segera bisa menyelesaikan dan mengoperasikan," tandasnya. (OL-14)

BERITA TERKAIT