17 March 2021, 18:05 WIB

Layanan Door to Door Disdukcapil Kota Cirebon Kembali Dibuka


Nurul Hidayah | Nusantara

dok.mi
 dok.mi
Logo Kota Cirebon

SEMPAT terhenti karena pandemi covid-19, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cirebon kembali lakukan pelayanan langsung ke masyarakat atau door to door. Bagi warga yang memiliki keterbatasan, petugas Disdukcapil akan langsung mendatangi rumah warga.

Kepala Disdukcapil Kota Cirebon, Atang Hasan Dahlan, menjelaskan saat ini dinas yang dipimpinnya sudah kembali melayani dengan terjun langsung ke masyarakat.

"Sebelum pandemi covid-19 melanda, layanan langsung kepada warga untuk perekaman KTP elektronik sebenarnya sudah dilakukan," ungkap Atang, Rabu (17/3). Namun sejak pandemi covid 19 menerjang dunia, layanan tersebut sempat dihentikan.

Kini, lanjut Atang, layanan jemput bola berupa perekaman KTP-e langsung ke pemukiman warga kembali mereka lakukan. "Bahkan untuk penyandang disabilitas, jika ada permintaan dari keluarga, kita juga siap untuk mendatangi rumah mereka," ungkap Atang.

Selama 2021 ini, lanjut Atang, mereka sudah melayani tiga orang berkebutuhan khusus yang membutuhkan perekaman KTP-e. "Petugas kami langung mendatangi rumah  yang bersangkutan," ungkap Atang.

Dijelaskan Atang, jemput bola berupa memberikan layanan perekaman KTP-e langsung kepada warga sudah mereka lakukan kembali sejak Februari 2021. Sasaran utama yaitu para wajib KTP baru yang belum melakukan perekaman. Sedangkan sisanya yaitu mereka yang memiliki kartu KTP-e tapi telah hilang atau rusak.

"Bagi masyarakat yang membutuhkan perekaman KTP-e bisa langsung menghubungi kami," ungkap Atang. Bisa melalui RW maupun kelurahan. Petugas mereka, lanjut Atang, bahkan siap untuk memberikan pelayanan di hari libur.

Mengenai ketersediaan blanko menurut Atang saat ini kondisinya aman. Mereka juga melakukan pencetakan KTP-e sebanyak 250 keping setiap harinya. (OL-13)

Baca Juga: Perekaman Data KTP-E Hingga Tengah Malam

BERITA TERKAIT