17 March 2021, 14:25 WIB

Server Rusak, Dispencapil Sikka Setop Pelayanan


Gabriel Langga | Nusantara

MI/Gabriel Langga
 MI/Gabriel Langga
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispencapil) Kabupaten Sikka setop pelayanan sementara karena server rusak, Rabu (17/3)

KERUSAKAN server induk milik Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispencapil) mengakibatkan seluruh pelayanan administrasi kependudukan bagi warga ditutup sementara. Hal ini terlihat di papan informasi Kantor Dispencapil Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, Rabu (17/3).

Kepala Dispencapil Kabupaten Sikka, Martha Huberty Pega saat dihubungi mediaindonesia.com membenarkan segala aktivitas pelayanan yang berkaitan dengan administrasi kependudukan sementara ditutup seperti pembuatan KTP, KK, Akte Kelahiran dan surat lainnya. Hal ini dikarenakan server mengalami kerusakan di sistemnya.

"Pelayanan bagi warga kita tutup sementara karena layanan kita sudah berbasis sistem. Pelayanan ini sudah ditutup, Senin (15/3) hingga sekarang akibat server kita mengalami gangguan," tandas dia.

Ia mengaku pihaknya sudah mengirim staf ke Jakarta untuk perbaikan server yang rusak pada sistem jadi harus diinstal ulang. "Supaya cepat, tadi staf kita sudah berangkat ke Jakarta. Mereka akan pergi perbaikan di kantor kementerian dirjen dispencapil. Mudah-mudahan hari Sabtu mereka sudah bisa kembali agar hari Senin ini kita sudah memberikan pelayanan bagi warga kita," ungkap Martha

Martha mengaku bahwa dirinya akan berupaya secara maksimal agar pelayanan bagi warga bisa berjalan normal. Meskipun begitu, ia tetap memberikan pelayanan khusus bagi masyarakat yang urusan mendesak dengan memberikan surat keterangan saja.

"Kalau ada warga yang sakit dan membutuhkan surat dari kita, maka kita bisa layani dengan keluarkan surat keterangan saja," pungkas dia.

Sementara itu, berdasarkan pantauan mediaindonesia.com,  Kantor Dispencapil  Sikka sangat sepi. Terlihat para pegawai hanya melayani beberapa warga yang sedang mengambil KTP, KK dan legalisir yang sudah dicetak sebelum alat server itu rusak. (OL-13)

Baca Juga: Sopir Bus Idamkan Infrastruktur Mulus dan Solar Aman

 

BERITA TERKAIT