16 March 2021, 21:59 WIB

Cukup Pakai KK Warga Miskin di Sikka Bisa Berobat ke RS


Gabriel Langga | Nusantara

MI/Gabriel Langga
 MI/Gabriel Langga
BUPATI Sikka Fransiskus Roberto Diogo sedang memberikan keterangan pers, Selasa (16/3)

BUPATI Sikka Fransiskus Roberto Diogo melakukan terobosan baru bagi warganya agar bisa menikmati pelayanan kesehatan secara gratis. Khususunya, bagi warga miskin cukup menggunakan kartu keluarga (KK) untuk berobat ke rumah sakit dan puskesmas di sana.

Dia mengatakan khusus bagi warga miskin yang belum memiliki BPJS dan Kartu Sikka Sehat bisa menggunakan KK untuk pergi berobat. "Warga miskin yang belum memiliki BPJS dan Kartu Sikka Sehat sampai hari ini bisa gunakan KK untuk pergi berobat secara gratis di rumah sakit dan puskesmas. Sehingga para petugas medis wajib melayaninya," ungkap Bupati Sikka kepada mediaindonesia.com, Selasa (16/3).

Dia menuturkan terobosan berobat pakai KK agar bisa mengetahui berapa jumlah warga miskin belum memiliki kartu BPJS dan Kartu Sikka Sehat. Langkah ini diambil untuk memastikan seluruh warga di Kabupaten Sikka bisa mengakses pelayanan kesehatan terutama bagi warga yang kurang mampu. Kedepan, nantinya mereka yang memiliki kartu Sikka Sehat akan dipindahkan menjadi anggota BPJS.

Bupati Sikka menegaskan pengobatan tanpa dipungut biaya ini semua berlaku di seluruh puskesmas dan rumah sakit milik pemerintah. Semua biaya pengobatan akan menjadi tanggungan Pemkab Sikka.

"Program demi kepentingan masyarakat agar bisa sehat. Jadi tidak ada lagi warga yang tidak bisa berobat karena biaya. Kita ingin semua warga terutama warga yang kurang mampu bisa menikmati pelayanan kesehatan. Jadi kalau sakit mereka tidak perlu ragu lagi, hanya tunjukan BPJS, Kartu Sikka Sehat dan juga KK mereka langsung dilayani," pungkas dia.

Sementara itu salah satu warga Kecamatan Alok Timur, Hilarius menyambut baik dengan terobosan baru yang dilakukan oleh Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo untuk mempermudah warga miskin agar bisa berobat secara gratis di setiap puskesmas dan rumah sakit.

"Ini terobosan sangat luar biasa. Dulu orang gunakan KK tidak bisa berobat. Sekarang kita kembali diberikan kemudahan. Warga yang belum ada BPJS dan Kartu Sikka Sehat sekarang bisa tunjukan kartu keluarga, sudah bisa berobat. Ini terobosan yang betul-betul berpihak kepada rakyat terutama bagi mereka yang kurang mampu," pungkas Hilarius ini. (OL-13)

 

BERITA TERKAIT